TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara membuat tanda tangan di Word dapat dilakukan dengan praktis. Tanda tangan online atau digital diperlukan dalam urusan penting saat membuat sebuah surat lewat software.
Tanda tangan digital adalah tanda tangan elektronik yang dibuat dan diverifikasi secara elektronik, yang digunakan untuk mengesahkan keaslian dokumen atau transaksi secara online.
Tanda tangan digital ini biasanya menggunakan teknologi kriptografi untuk mengamankan dokumen atau transaksi, dan dapat memberikan tingkat keamanan yang sama atau bahkan lebih baik daripada tanda tangan fisik yang biasa kita kenal.
Tanda tangan digital dapat dibuat dengan berbagai cara, misalnya dengan menggunakan aplikasi atau platform khusus.
Baca Juga: 2 Cara Menggabungkan File Word ke Dalam Satu Dokumen dengan Mudah
Tanda tangan digital ini biasanya memiliki sifat yang tidak dapat diubah atau dimanipulasi, dan dapat diintegrasikan dengan sistem atau platform lain untuk keperluan verifikasi dan audit.
Keberadaan tanda tangan digital sangat berguna dalam dunia bisnis dan keuangan karena dapat mempercepat proses transaksi dan mengurangi biaya administrasi, serta meningkatkan efisiensi dan akurasi data.
Namun, penting untuk memastikan bahwa tanda tangan digital online yang digunakan telah memenuhi standar keamanan dan keandalan yang diperlukan untuk mencegah penyalahgunaan atau kebocoran data pribadi.
Di era digital penggunaan software Microsoft Word banyak diperlukan untuk surat menyurat. Fitur tanda tangan digital sangat dibutuhkan dalam penggunaan software tersebut.
Baca Juga: 3 Cara Membuat Tabel di Microsoft Word, Bisa Import dari Excel
Artinya, ada kemungkinan pengguna Microsoft Word membutuhkan tanda tangan online atau tanda tangan digital.
Tentunya, siapkan koneksi internet yang dibutuhkan untuk akses ke website tanda tangan digital seperti Signaturely.
Pastikan pengguna juga menjaga privasi dari tanda tangan digital agar tidak berpindah ke file atau perangkat.
Inilah beberapa cara membuat tanda tangan di Word secara online dan offline.
Cara membuat Tanda Tangan di Word
1. Tanda Tangan di Word untuk pengguna Mac
Pengguna bisa ikuti petunjuk untuk pembuatan tanda tangan di Microsoft Word bagi pemilik MacBook.
- Buat tanda tangan terlebih dahulu di aplikasi Preview.
- klik Show Markup Toolbar.
- Pilih Sign.
- Pilih Trackpad untuk menggambar tanda tangan.
- Klik CMD + Shift + 4 untuk melakukan screenshot.
- Buka dokumen Microsoft Word.
- Pilih Images.
- Pilih Picture dan klik Picture From File.
- Arahkan ke direktori dimana menyimpan screenshot tanda tangan tadi.
- Atur ukuran tanda tangan sesuai kebutuhan.
2. Tanda Tangan di Word melalui Signaturely
Nah, ada cara membuat tanda tangan di Word lewat laman platform seperti Signaturely.
- Buka laman https://signaturely.com/online-signature/ pada browser.
- Klik Draw your Signature.
- Buat Tanda Tangan.
- Klik Download eSignature.
- Buka file Word target tanda tangan digital.
- Buka tab Insert.
- Pilih Pictures.
- Pilih foto tanda tangan.
- Klik Insert.
- Klik gambar foto tanda tangan.
- Klik menu Color.
- Pilih fitur Black and White.
- Klik kanan dan pilih Behind Text pada Wrap Text.
- Atur tanda tangan digital sesuai selera.
3. Tanda Tangan di Word melalui menu Foto
Selanjutnya, salah satu cara membuat tanda tangan di Word lainnya yakni memindahkan foto ke dokumen.
- Buat tanda tangan di selembar kertas putih.
- Foto tanda tangan.
- Pindahkan foto ke penyimpanan.
- Buka file Word target tanda tangan digital.
- Buka tab Insert.
- Pilih Pictures.
- Pilih foto tanda tangan.
- Klik Insert.
- Klik gambar foto tanda tangan.
- Klik menu Color.
- Pilih fitur Black and White.
- Klik kanan dan pilih Behind Text pada Wrap Text.
- Atur tanda tangan digital sesuai selera.
4. Tanda tangan di Word melalui menu Insert
Terakhir, untuk membuat tanda tangan di Microsoft Word, ikuti langkah-langkah berikut.
- Buka dokumen Microsoft Word.
- Pilih tab Insert di ribbon atau menu.
- Klik tombol Picture di bagian Illustrations.
- Cari file gambar tanda tangan di komputer.
- Pilih Insert.
- Klik dan tarik tanda tangan untuk menempatkannya di tempat yang diinginkan di dokumen.
- Pilih tab Home di ribbon untuk menambahkan teks di tempat yang diinginkan.
- Jika ingin menyimpan tanda tangan sebagai objek yang dapat digunakan lagi di masa depan.
- Klik kanan pada tanda tangan dan pilih Save as Picture.
- Simpan gambar tanda tangan di lokasi yang mudah diingat.
Kemudian, setelah semua file Microsoft Word dan Adobe PDF diedit, cek kembali posisi tanda tangan digital melalui menu Print View.
Untuk itu, beberapa cara membuat tanda tangan di Word terbaru tanpa repot menggunakan scanner secara offline.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News