4 Cara Mengatasi Nyeri Punggung dan Leher saat Kerja di Kantor

Rabu, 23 November 2022 | 19:42 WIB   Reporter: Tim KONTAN
4 Cara Mengatasi Nyeri Punggung dan Leher saat Kerja di Kantor

ILUSTRASI. Kontan - Ruparupa.com Kilas Online


KONTAN.CO.ID - Banyak dari kita sering mengalami nyeri punggung dan leher saat bekerja. Terlepas dari kondisi kesehatan, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini, dari posisi duduk, model kursi dan meja kerja, hingga ketinggian laptop.

Bila dibiarkan, hal ini tentu akan membuat pekerjaan jadi terhambat dan mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Berikut beberapa cara mencegah nyeri punggung dan leher saat sedang kerja di kantor.

1. Lakukan Peregangan Setiap 30 Menit

Tetap aktif bergerak adalah cara terbaik untuk mengatasi nyeri punggung dan leher. Supaya tidak mengurangi produktivitas di kantor, kamu bisa melakukan peregangan setiap 30 menit sekali. Pasang alarm di ponsel dan laptop sebagai pengingat waktu agar tidak lupa untuk bergerak.

2. Atur Posisi Kursi Kerja

Gunakan kursi kerja yang ergonomis agar kamu lebih mudah menyesuaikan kursi kerja dengan ketinggian meja. Hal ini bertujuan untuk mencegah nyeri punggung dan leher ketika sedang duduk. Kemudian, tambahkan juga bantal penyangga pinggang supaya  lebih nyaman.

3. Sesuaikan Ketinggian Laptop

Laptop yang terlalu rendah dan tinggi dapat menyebabkan sakit leher. Agar posisi mata sejajar dengan layar monitor, kamu bisa menggunakan penyangga laptop. Berikan jarak minimal 50 cm antara monitor dan mata untuk mencegah kerusakan mata.

4. Pastikan Posisi Duduk Tegak

Postur tubuh ketika duduk bekerja juga perlu diperhatikan. Duduk membungkuk dapat membuat bahu, leher, dan punggung kamu menjadi stres. Oleh sebab itu, pastikan kamu berada pada posisi duduk tegak, tapi tetap rileks.

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi nyeri punggung dan leher. Jadi, pastikan kamu mengikuti cara tersebut agar bisa bekerja dengan nyaman.

Bila kamu sedang mencari perlengkapan kantor, seperti lemari arsip kantor, kursi kerja, meja, dan brankas, kamu bisa mengunjungi ruparupa.com.

Temukan juga berbagai perabot dan peralatan rumah tangga berkualitas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Pendopo, Ataru, Krisbow, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Selma, Susen, Chatime, Ashley, Eyesoul, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal

Terbaru