Edukasi

4 Cara mengusir kecoa terbaik yang patut dicoba

Kamis, 05 November 2020 | 11:13 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengusir kecoa terbaik yang patut dicoba

ILUSTRASI. Ada beberapa cara mengusir kecoa yang bisa Anda coba.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kecoa adalah salah satu jenis serangga yang cukup mengganggu. Selain berbau tidak sedap, kemunculannya juga membuat banyak orang jijik. Cara mengusir kecoa perlu segera Anda lakukan agar tak bersarang dalam rumah Anda.

Kecoa biasanya bersarang dalam rumah untuk mencari makanan dan minuman. Sebagai hewan nokturnal, jenis serangga itu biasanya berada di tempat yang gelap dan tertutup. Mengutip dari Anti Pesto (antipesto.com), ada beberapa tempat di mana kecoa sering bersarang.

Beberapa tempat yang dimaksud adalah tumpukan piring yang belum dicuci, tempat sampah, tempat yang lembab, remah makanan yang jatuh di lantai atau wadah, dan makanan hewan peliharaan. Tak hanya itu, kecoa juga bisa menyerang sisa makanan yang tertinggal di wadah.

Kecoa bisa masuk ke rumah dengan berbagai cara. Mulai dari ventilasi atau lubang, menumpangi benda lain yang Anda bawa masuk ke rumah, dan lain sebagainya. Cara mengusir kecoa berikut ini patut Anda coba agar tak ada serangga yang bersarang dalam rumah.

Baca Juga: Banyak membawa bakteri, ini 5 cara ampuh mengusir kecoa dari rumah

Bersihkan Rumah Secara Menyeluruh

Anti Pesto mengatakan bahwa kecoa berkeliaran dalam rumah untuk mencari makanan. Maka dari itu, mereka senang saat rumah Anda kotor dan berantakan. Agar tak bersarang, cobalah untuk menjaga kebersihkan rumah secara menyeluruh.

Cuci piring dan bersihkan sisa makanan. Segera bersihkan makanan dan minuman yang jatuh di lantai. Letakkan sampah ke tempat pembuangan sampah setiap hari sebelum Anda tidur. Selain itu, usahakan untuk menyimpan sisa makanan di wadah yang rapat dan aman.

Pakai Asam Borat

Salah satu cara mengusir kecoa adalah dengan asam borat.

Cara mengusir kecoa juga bisa dilakukan dengan jebakan yang Anda buat sendiri. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah asam borat, tepung, dan gula. Campurkan semua bahan itu dengan perbandingan yang sama hingga menjadi adonan.

Tepung dan gula berfungsi untuk menarik perhatian kecoa. Sedangkan asam borat bekerja untuk membunuh kecoa. Tempatkan adonan di berbagai tempat, seperti di bawah kulkas, lemari, atau kompor. Karena berbahaya, pastikan untuk menjauhkan adonan dari jangkau hewan peliharaan.

Baca Juga: Awas bahaya kecoa, ini cara ampuh mengusirnya dengan bahan alami

Buang Barang yang Tak Perlu

Anti Pesto merekomendasikan agar Anda membuang barang-barang yang sudah tak terpakai. Bersihkan gudang atau ruangan yang penuh dengan tumpukan barang. Tujuannya agar kecoa tak memiliki cukup tempat untuk bersembunyi dan bersarang.

Lakukan Perawatan Rumah Secara Rutin 

Melakukan perawatan rumah secara rutin penting agar kecoa dan jenis serangga lain tak masuk. Tutuplah celah, retakan, atau lubang yang ada pada rumah. Dengan begitu, rumah Anda akan terbebas dari serangan kecoa.

Selanjutnya: 5 Cara jitu mengusir kecoa dari rumah yang aman dan efektif

Editor: Belladina Biananda


Terbaru