4 Cara merawat Bunga Mawar yang sederhana dan mudah

Selasa, 03 November 2020 | 08:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara merawat Bunga Mawar yang sederhana dan mudah


HOBI - JAKARTA. Bunga Mawar adalah salah satu jenis tanaman yang diminati oleh banyak orang. Bentuk dan warnanya yang indah menjadi daya tariknya tersendiri. Cara merawat Bunga Mawar sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya seperti berikut ini.

Siram Bunga Mawar Secara Rutin

Salah satu teknik merawat Bunga Mawar adalah dengan menyiramnya secara tepat. Dummies (dummies.com) mengatakan bahwa lebih baik menyiram Bunga Mawar dengan jumlah daripada sering menyiram Bunga Mawar, tapi hanya dengan jumlah air sedang.

Gunakan Pupuk

Cara merawat Bunga Mawar juga bisa Anda lakukan dengan memakai berbagai macam jenis pupuk. Hal itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nitrogen, fosfor, dan potasium. Pupuk khusus Bunga Mawar memang baik, tapi hal itu tidak wajib untuk Anda lakukan.

Sebelum memberikan pupuk, Dummies memberikan tips agar Anda menyiram Bunga mawar terlebih dahulu. Supaya tangkai Bunga Mawar semakin kuat, Anda bisa memberikan epsom salt atau garam inggris sesekali. Caranya, larutkan 1 sdm epsom salat ke 3.5 L air.

Baca Juga: Cara membuat air mawar yang mudah sekali untuk dicoba

Rapikan Bunga Mawar

Pertumbuhan Bunga Mawar sering kali membuat tampilannya kurang sedap dipandang. Anda perlu merapikannya dengan cara memotong Bunga Mawar yang mengganggu. Ada beberapa bagian Bunga Mawar yang bisa Anda potong untuk memperbaiki penampilan Bunga Mawar.

Mulai dari batang yang sudah mati, batang yang rusak, dan batang Bunga Mawar yang bermasalah. Untuk batang yang bermasalah, Anda bisa memotongnya menjadi hanya sepanjang 1 inc. Tujuannya agar batang tersebut bisa kembali tumbuh sehat.

Bersihkan Daun dan Bunga yang Bermasalah

Selain langkah-langkah di atas, cara merawat Bunga Mawar juga perlu Anda lakukan dengan membersihkan daun-daun yang rusak. Daun yang menguning dan kecokelatan dapat merusak tampilan Bunga Mawar secara keseluruhan.

Baca Juga: 4 Masker lidah buaya beserta cara membuatnya

Segera bersihkan daun-daun Bunga Mawar yang rusak, terinfeksi penyakit, dan mati. Setelah itu, buang di tempat sampah. Jangan menimbun daun mati di sekitar Bunga Mawar. Jika Anda melakukannya, dikhawatirkan infeksi penyakit akan menyerang bagian Bunga Mawar yang lain.

Hal yang sama juga berlaku pada bagian bunga. Kerusakan pada bunga sedikit pun tak boleh ditoleransi dan harus segera dipotong. Tujuannya agar penyakit tak menyebar ke bagian Bunga Mawar yang lain.

Selanjutnya: 4 Manfaat air mawar terbaik untuk kesehatan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru