4 Cara merawat kucing Anggora agar kesehatannya terjaga

Jumat, 18 September 2020 | 15:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara merawat kucing Anggora agar kesehatannya terjaga

ILUSTRASI. Anda perlu melakukan cara merawat Kucing Anggora dengan benar untuk menjaga kesehatannya. Foto Dok Wikipedia


HEWAN PELIHARAAN - JAKARTA. Salah satu jenis kucing yang digemari oleh banyak orang adalah Kucing Anggora. Kucing ini memiliki bulu yang lebat dan panjang. Cara merawat Kucing Anggora cukup berbeda bila dibanding jenis kucing lain agar keindahan bulunya tetap terjaga.

Kucing Anggora jantang bisa berbobot hingga 4.5 kg, sedangkan Kucing Anggora betina bisa memiliki bobot seberat 3-4 kg. Mengutip dari Animals One How To, lebih baik berikan makanan kucing yang tak membuat berat badan Kucing Anggora bertambah banyak.

Bobot berlebih bisa mengurangi kelincahan Kucing Anggora sehingga menyebabkan obesitas. Selain memerhatikan makanan, cara merawat Kucing Anggora berikut ini perlu Anda lakukan.

Bulu Kucing Anggora

Merawat bulu Kucing Anggora artinya menjaga kesehatan kucing secara keseluruhan. Melansir dari Animals One How To, disarankan untuk menyisir bulu Kucing Anggora setiap hari menggunakan sisir yang sesuai dengan tipe bulu.

Tak hanya mencegah bulu menjadi kusut, rutin menyisir bulu Kucing Anggora juga menghindarkan kucing agar tak menelan bulunya sendiri.

Baca Juga: 5 Cara merawat Kucing Persia yang perlu dilakukan

Kesehatan Kucing Anggora

Anda perlu memberikan vaksin pada Kucing Anggora agar kesehatannya terjaga. Beberapa jenis vaksin yang perlu Anda berikan adalah leukimia dan rabies kucing. Selain itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan kucing agar tak dihinggapi kucing.

Beri Perhatian

Kucing Anggora juga perlu Anda beri perhatian lebih agar kesehatannya terjaga. Animals One How To mengatakan, Kucing Anggora yang masih kecil memang tak menunjukkan emosi apapun.

Namun, jika Anda mengadopsi Kucing Anggora yang sudah dewasa, penting untuk menunjukkan perhatian lebih kepadanya agar tidak mudah stres.

Baca Juga: 4 Alasan mengapa kucing suka menjilati sesuatu termasuk Anda

Tips Merawat Kucing Anggora

Perlu diingat bahwa Kucing Anggora berbeda dengan anjing. Jangan sampai “sikap cuek” yang ditunjukkan Kucing Anggora membuat Anda enggan untuk menunjukkan kasih sayang. Cara merawat Kucing Anggora lainnya adalah dengan melengkapi aksesoris atau kebutuhan kucing.

Anda bisa bertanya kepada dokter hewan tentang kondisi kucing agar kebutuhannya bisa terpenuhi. Misalnya, alat penggaruk, sisir, atau vitamin khusus yang bermanfaat untuk kesehatan.

Selanjutnya: Bukan hanya Maine Coon, berikut 7 jenis kucing berukuran besar di dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru