4 Inspirasi taman ala Jepang yang cantik dan menenangkan, dijamin suka!

Rabu, 17 November 2021 | 08:45 WIB   Reporter: Kania Paramahita
4 Inspirasi taman ala Jepang yang cantik dan menenangkan, dijamin suka!

KONTAN.CO.ID - Selain arsitektur dan interior rumahnya yang khas, salah satu bagian dari rumah Jepang yang tak kalah ikonik adalah tamannya.

Dilansir dari Japan Guide, taman ala Jepang memiliki elemen-elemen yang penuh dengan nilai filosofis. Selain itu, taman Jepang banyak menggunakan unsur alam yang terlihat cantik dan menenangkan jika dipadukan.

Tertarik membuat taman ala Jepang di rumah Anda? Yuk, tengok dulu inspirasinya di bawah ini.

Baca Juga: Harga minyak terkoreksi tipis pada Rabu (17/11) pagi

Taman mini di dalam rumah

Jika Anda memiliki keterbatasan lahan, tidak ada salahnya mencoba membuat taman kecil di samping atau dalam rumah. Asalkan menggunakan elemen-elemen khas taman Jepang, nuansa alami yang khas Jepang akan tetap terasa.

Contohnya seperti taman kecil di atas. Taman tersebut menggunakan elemen-elemen khas taman ala Jepang, seperti batu, pancuran air, dan tanaman bambu yang ramping. Taman tersebut diposisikan di samping jendela supaya mendapatkan banyak cahaya alami dan terlihat cantik.

Taman dalam rumah yang minimalis

Masih seputar taman di dalam rumah, kali ini ada courtyard garden atau taman dalam ruangan yang terlihat simpel dan minimalis dengan gaya Jepang.

Diposisikan di tengah ruangan, taman yang satu ini menggunakan batu dan kerikil yang disusun secara rapi dengan pohon yang menjulang di satu sisi taman. Perpaduan antara warna-warna netral dan warna hijau yang segar pun memberi kesan zen atau menenangkan yang sangat khas Jepang.

Baca Juga: Ini jadwal pembagian dividen interim Cisadane Sawit Raya (CSRA)

Jalan setapak dan semak yang cantik

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Яна / Yana (@yana_owl3)

Salah satu elemen khas yang ada di taman bergaya Jepang adalah keberadaan jalan setapak. Selain itu, ada juga kerikil atau tanah yang dibentuk menyerupai aliran air.

Taman di atas menggunakan kedua elemen tersebut, yaitu jalan setapak dan tanah yang dibentuk menyerupai aliran air. Sisi kanan dan kiri jalan tersebut dibatasi dengan batu-batu yang sederhana. Pada kedua sisi jalan setapak, tanahnya diberi rumput yang empuk dengan beragam tanaman semak yang terlihat rimbun dan cantik.

Elemen alam yang sederhana

Taman yang satu ini menggunakan elemen-elemen khas taman Jepang, namun ditata secara sederhana sehingga menimbulkan kesan simpel dan nyaman.

Tergantung selera, Anda bisa membiarkan tanahnya begitu saja, atau berikan daun kering atau kerikil seperti pemilik taman di atas. Tambahkan beberapa batu besar di bidang kosong tersebut, lalu tambahkan lampu lentera khas Jepang dan tanaman-tanaman yang rimbun. Hasilnya, taman ala Jepang yang sederhana pun tercipta.

Selanjutnya: Ojek online sepeda motor dilarang di Malaysia, apa alasannya?

Editor: Kania Paramahita
Terbaru