CLOSE [X]

4 Jurus jitu sukses mengirim lamaran kerja melalui email, pencari kerja harus tahu

Minggu, 21 Februari 2021 | 06:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Jurus jitu sukses mengirim lamaran kerja melalui email, pencari kerja harus tahu


MENCARI KERJA -  Pencari kerja sekarang tidak perlu lagi mengirim lamaran melalui pos. Anda cukup mengirim email berisikan lamaran kerja ke alamat email suatu perusahaan. 

Sayangnya, masih banyak pelamar kerja yang belum memahami tata cara mengirim lamaran via email. Imbasnya, tidak sedikit pencari kerja yang menunggu lama untuk mendapat pekerjaan. 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) memberikan informasi cara mengirim email lamaran kerja yang benar. Informasi tersebut dibagikan melalui situs resmi Ditjen Dikti

Berikut tata cara mengirim email lamaran kerja yang benar dari Ditjen Dikti.

  • Mengisi subjek atau judul

Sering pelamar kerja membiarkan subjek email lamaran kerja kosong. Hal ini justru akan membuat lamaran Anda tidak terbaca oleh HRD. Pihak perusahaan akan menganggap email lamaran kerja Anda tidak penting. 

Perusahaan juga menilai Anda tidak sopan karena tidak memberikan keterangan yang jelas. Setiap kali mengirim lamaran kerja via email, jangan lupa isi subjek pada email. Tulis nama serta posisi yang Anda lamar agar mudah dilihat HRD.

Baca Juga: UGM peringkat 1, simak 20 universitas terbaik di Indonesia 2021 versi UniRank

  • Menulis body email

Selain subjek, body email juga sering kali dibiarkan kosong. Padahal pada poin ini bisa menjadi kesempatan Anda mempromosikan diri. 

Isi body email dengan deskripsi singkat diri Anda. Tulis juga jabatan yang akan dilamar, alasan, serta apa yang bisa ditawarkan pada perusahaan.

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru