4 Makanan yang Tidak Boleh Dimasak Menggunakan Oven, Wajib Tahu!

Kamis, 07 Juli 2022 | 12:01 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Makanan yang Tidak Boleh Dimasak Menggunakan Oven, Wajib Tahu!

ILUSTRASI. Makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan oven.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Seiring dengan perkembangan zaman, tekonologi juga semakin berkembang termasuk cara memasak dengan hadirnya oven. Namun, perlu Anda ketahui ada beberapa makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan oven loh.

Sebelum itu, oven atau dikenal juga sebagai microwave adalah salah satu peralatan memasak yang digunakan untuk memanaskan makanan menggunakan radiasi gelombang mikro.

Alasan beberapa makanan tida boleh dimasak menggunakan oven, karena merubah rasa makanan itu sendiri. Selain itu, beberapa makanan tertentu dapat mempengaruhi kinerja oven.

Baca Juga: Jadwal Semi Final Piala Presiden 2022: Dimulai PSIS Semarang VS Arema FC

Lantas apa saja makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan oven?

Melansir dari My Recipes, berikut beberapa makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan oven, di antaranya:

Makanan Beku

Makanan beku adalah salah satu yang tidak boleh dimasak menggunakan oven. Khususnya seperti ayam, casserole buatan sendiri dan sejenisnya harus selalu dicairkan sepenuhnya sebelum Anda memasak di oven.

Jika tidak, makanan beku yang dimasukkan ke dalam oven berisiko tidak bisa matang dengan cepat. Selain itu, makanan tersebut juga dapat berisiko menimbulkan penyakit jika dibiarkan terlalu lama dalam suhu 40 hingga 140 derajat. Lebih bahayanya lagi dapat meningkatkan risiko oven Anda meledak.

Telur Utuh

Telur utuh juga termasuk makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan oven. Pasalnya, telur utuh dapat menghasilkan uap di dalam cangkap jika dimasukkan ke dalam oven. Hal tersebut berisiko akan membuat meledak. Jadi sebaiknya lebih merebus telur menggunakan alat masak lain.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Cara Mencegah Asam Urat Naik yang Mudah Dilakukan

Makanan Untuk Digoreng

Anda juga perlu waspada jika memasak makanan yang seharusnya digoreng malah dimasukan ke dalam oven. Hal tersebut dapat menimbulkan reaksi kimia karena pembakaran oven dan berbahaya untuk kesehatan. 

Makanan Untuk Dikukus

Selain makanan yang sebaiknya digoreng, makanan dengan resep yang seharusnya dikukus juga jangan dimasak menggunakan oven. Hal tersebut mungkin menjadi mempermudah Anda. Namun, memasak makanan untuk dikukus akan membuat udara menjadi lembap dan makanan kukus tersebut benar dimasak secara efektif. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan kompor biasa untuk memasak makanan yang dikukus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru