Belanja

4 Perlengkapan bayi yang perlu segera disiapkan

Jumat, 16 Oktober 2020 | 12:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Perlengkapan bayi yang perlu segera disiapkan

ILUSTRASI. Selama proses kehamilan, sebaiknya perlengkapan bayi sudah mulai disiapkan.

KONTAN.CO.ID - Selama proses mengandung bayi berlangsung, ada banyak hal yang perlu disiapkan oleh ibu hamil. Selain menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi yang dikandung, menyiapkan perlengkapan bayi juga tak boleh dilupakan.

Beberapa hal berikut bisa membantu Anda dalam mempersiapkan perlengkapan bayi yang dibutuhkan:

Baju bayi

Ada banyak sekali baju bayi dengan model dan desain lucu yang menarik untuk dibeli. Namun, Anda tak perlu membeli semuanya sekaligus.

Mengutip Very Well Family, hanya ada beberapa pakaian bayi dasar yang perlu dipersiapkan. Anda perlu menyiapkan kaus dalam, jumpsuit, celana, baju, kaus kaki, dan sweater.

Sepatu belum terlalu penting, kecuali jika bayi sudah mulai belajar jalan. Anda juga bisa menyiapkan topi, dan kacamata untuk melindungi tubuh bayi saat harus dibawa ke luar ruangan.

Baca Juga: Mencicipi cuan dari berjualan bubur bayi organik

Alat mandi

Perlengkapan bayi lainnya yang tak boleh dilupakan adalah peralatan mandi. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan bak mandi. Anda bisa melewati perlengkapan ini jika Anda ingin memandikan bayi langsung di bak (bath tub) yang ada di kamar mandi Anda.

Peralatan mandi lainnya yang perlu Anda siapkan adalah baby lotion, pemotong kuku, sabun dan sampo, handuk, dan deterjen tanpa pewangi untuk mencuci baju kotor.

Peralatan ASI

Setelah lahir, bayi akan mengonsumsi ASI atau susu untuk tumbuh dan berkembang. Melansir Very Well Family, sebaiknya Anda membeli perlengkapan ASI setelah beberapa hari bayi lahir.

Hal itu dilakukan agar Anda bisa melihat dulu, apakah bayi lebih nyaman minum susu dari botol atau mengonsumsi ASI secara langsung.

Setelah mengetahui kondisi, Anda bisa membeli pompa ASI, celemek bayi atau bib, bantal agar bayi bisa mengonsumsi ASI dengan nyaman, sikat botol, dan bottle sterilizer.

Baca Juga: 4 Cara asik mengasah motorik halus anak dengan permainan sederhana

Popok

Perlengkapan bayi lainnya yang perlu Anda pikirkan dan siapkan adalah semua hal yang berkaitan dengan popok bayi. Anda bisa memutuskan untuk memakai popok sekali pakai atau popok yang bisa dipakai berulang kali.

Selain menentukan jenis popok apa yang ingin digunakan, Anda bisa menyiapkan tisu untuk membersihkan kotoran bayi dan krim untuk menghilangkan ruam popok.

Selanjutnya: Melalui Gigel, kita bisa saling sewa peralatan bayi dan ibu

Editor: Belladina Biananda


Terbaru