4 Sosok Kartini Masa Kini yang Menginspirasi dan Bisa Jadi Panutan Remaja

Kamis, 21 April 2022 | 12:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Sosok Kartini Masa Kini yang Menginspirasi dan Bisa Jadi Panutan Remaja

ILUSTRASI. 4 Sosok Kartini Masa Kini yang Menginspirasi dan Bisa Jadi Panutan Remaja. Foto: Najwa Shihab.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Hari ini, 21 April 2022, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini sebagai bentuk penghormatan untuk pahlawan emansipasi wanita Indonesia, Raden Ajeng (R.A) Kartini. 

Meskipun R.A Kartini sudah lama berpulang, semangat dan kegigihannya perlu tetap dipelihara oleh masyarakat, khususnya perempuan masa sekarang. 

Daftar Isi

Seperti kata R.A Kartini bahwa "Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu", Anda tidak perlu putus asa jika menghadapi kegagalan karena pasti akan ada waktu yang tepat dimana kesuksesan bisa datang.

Remaja perempuan bisa mencontoh dan menjadikan idola beberapa sosok Kartini-Kartini milenial yang bertalenta di bidangnya masing-masing. 

Baca Juga: Biografi Singkat R.A Kartini, Pahlawan Emansipasi Perempuan Indonesia

Tidak hanya cerdas, mereka juga mandiri, hebat, dan menginspirasi layaknya R.A Kartini sehingga pas dijadikan panutan para remaja milenial. 

Berikut ini empat sosok Kartini era modern, dirangkum dari situs Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, yang bisa menjadi contoh anak-anak remaja. 

Maudy Ayunda

Remaja Indonesia saat ini pasti sudah kenal dengan sosok Maudy Ayunda. 

Maudy dikenal sebagai salah satu pemain film sekaligus penyanyi yang memiliki segudang prestasi baik dalam bidang seni musik dan peran hingga akademik. 

Meskipun disibukkan dengan pekerjaannya sebagai dalam dunia seni peran, tidak membuat Maudy melalaikan pendidikannya. 

Maudy berhasil melanjutkan pendidikannya di kampus-kampus terbaik dunia yaitu di Oxford University jurusan Politics, Phylosophy, and Economics (PPE). 

Tidak berhenti sampai di situ, dia kemudian melanjutkan mengambil double degree yaitu Administrasi Bisnis dan Pendidikan di Stanford University.

Baru-baru ini Maudy Ayunda ditunjuk sebagai juru bicara forum Presidensi Group Twenty atau G20. Keputusan tersebut merupakan upaya pemerintah agar bisa terhubung dengan generasi muda. 

Menurut Maudy, pencapaian yang ia raih berawal dari rasa percaya diri. Kemudian ditambah dengan kemauan untuk terus belajar hal baru sehingga membuatnya tidak terlena dengan suatu keberhasilan. 

Baca Juga: Calon Mahasiswa Kampus Swasta Bisa Dapat KIP Kuliah 2022, Ini Caranya

Najwa Shihab

Sosok Kartini Milenial yang juga sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah Najwa Shihab. 

Najwa merupakan sosok yang dikenal cerdas, tegas, dan independen, ditambah dengan figurnya yang cantik dan elegan.

Sebagai pembawa acara berita, Najwa mulai dikenal oleh publik saat meliput bencana tsunami Aceh pada Desember 2004. 

Liputan dan laporannya dinilai memberikan andil meluasnya kepedulian dan empati masyarakat terhadap tragedi kemanusiaan tersebut. 

Tidak hanya itu, pada tahun 2006 Najwa berhasil memperoleh penghargaan dari PWI Pusat da PWI Jaya berkat berita yang ia sampaikan. 

Penghargaan datang tidak hanya dari dalam negeri saja, bahkan dalam kancah mancanegara Najwa berhasil masuk dalam Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs/Talkshow Presenter.  

Sheila Agatha Wijaya

Sosok Kartini modern bisa ditemukan diberbagai bidang, salah satunya adalah bidang fashion

Anda pasti masih ingat dengan Paris Fashion Week 2022, ajang fashion paling bergengsi di dunia yang baru-baru ini digelar. 

Ada salah satu brand lokal yang ikut dalam ajang tingkat internasional tersebut. Sean Sheila milik Sheila Agatha Wijaya merupakan brand fashion Indonesia yang berhasil masuk ke Paris Fashion Week 2022. 

Yang lebih membanggakan lagi, karya anak bangsa ini mendedikasikan dan memberdayakan produknya bagi para disabilitas. 

Tim produksi Sean Sheila 100 persen merupakan penyandang disabilitas yang terdiri atas tunarungu dan tunawicara. Pada produksi pertamanya tahun 2014, Sean Sheila juga bekerjasama dengan sekolah luar biasa Purbalingga. 

Sheila memberikan pesan bagi penyandang disabilitas yang ingin seperti dirinya agar agar terus memperluas wawasan dan relasi. Kemudian, jangan pernah membatasi diri sendiri dan jangan cepat puas dengan suatu pencapaian.

Baca Juga: Tertarik Kerja di Pertambangan? Cek Lowongan Kerja di Adaro Energy 2022 Ini

Niki Zefanya

Niki Zefanya bisa merupakan sosok yang menginspirasi. Di umurnya yang masih cukup muda, Niki mampu membuktikan kemampuannya dalam bernyanyi di kancah internasional. 

Baru-baru ini Niki berhasil menjadi penyanyi perempuan Indonesia pertama yang tampil di festival musik tahunan Coachella, California. 

Keberhasilannya tentu tidak datang secara tiba-tiba. Niki sudah menekuni bidang musik sejak usia sembilan tahun. 

Kegigihannya tersebut membuat Niki berhasil tampil dalam pembukaan konser Taylor Swift, mengisi soundtrack film Raya and The Last Dragon dan yang terbaru adalah untuk film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings.

Salah satu kunco sukses Niki adalah memegang teguh untuk emnjadi diri sendiri. Meskipun terlihat klise, nyatanya prinsip tersebut mampu membawa Niki menembus pasar Amerika. 

Sosok Kartini muda ini bisa menjadi inspirasi remaja untuk terus gigih dan menjadi diri mereka sendiri saat mengejar cita-cita. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru