4 Tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah

Rabu, 19 Agustus 2020 | 12:54 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah

ILUSTRASI. 4 Tips agar sukses mendapat kerja tidak sesuai jurusan kuliah


MENCARI KERJA -  Tidak semua jurusan di perkuliahan memiliki lapangan pekerjaan yang sesuai. Sering terjadi, lulusan tertentu kerja tidak sesuai jurusan.

Ada juga yang memang sengaja mencari pekerjaan di luar disiplin ilmunya. Biasanya pekerjaan tersebut adalah pekerjaan impian yang ingin ditekuni. 

Baca Juga: Lowongan kerja 2020 besar-besaran Tokopedia untuk berbagai jurusan

Anda mungkin salah satu yang ingin mencoba pekerjaan di luar jurusan kuliah. Jika iya, Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. 

Dengan cara yang tepat, Anda bisa mendapat pekerjaan yang berbeda dari jurusan kuliah Anda. Bersumber dari CBS News dan Monster.com, berikut cara agar bisa mendapat kerja tidak sesuai jurusan.

  • Pilih pekerjaan sesuai dengan potensi diri 

Sebelum memutuskan kerja tidak sesuai jurusan, Anda harus tahu bidang yang disukai. Jangan asal memilih pekerjaan karena bisa membuat kinerja Anda berkurang. 

Pertama-tama lihat potensi yang ada pada diri Anda. Cari tahu apa yang Anda sukai dan menjadi kelebihan Anda. Semisal Anda senang bertemu orang baru, Anda bisa mencoba marketing atau public relation

  • Mengikuti magang dan pelatihan

Mendapat kerja tidak sesuai jurusan memang gampang-gampang susah. Terlebih yang membutuhkan skill. Untuk mengakalinya Anda bisa mencoba mengembangkan diri. 

Banyak perusahaan yang menawarkan magang kepada lulusan baru atau mahasiswa tingkat akhir. Anda bisa memilih posisi yang diinginkan dan belajar saat magang berlangsung. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru