4 Tips parenting dari Warren Buffett agar anak pintar mengatur uang

Senin, 30 November 2020 | 10:33 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Tips parenting dari Warren Buffett agar anak pintar mengatur uang

ILUSTRASI. 4 Tips parenting dari Warren Buffett agar anak pintar mengatur uang. (Photo by Daniel Zuchnik/WireImage)

KONTAN.CO.ID -  Mengelola uang merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh seseorang. Tidak sedikit masyarakat kesulitan dalam mengatur keuangan karena tidak memiliki ilmu yang cukup. 

Karenanya penting bagi orang tua untuk membekali pengetahuan ini pada anak. Warren Buffett, memberikan beberapa tips parenting agar anak pintar mengelola uang. 

Warren Buffett terkenal sebagai pebisnis dan investor ulung. Pemilik Berkhshire Hathaway ini juga dikenal sederhana dan hemat dalam kehidupannya. 

Mengutip dari The Motley Fool, Warren Buffet menyarankan untuk mengajar cara mengatur keuangan sedini mungkin. Anak kecil lebih cepat menangkap dan menyerap informasi.

Karenanya, mengajarkan cara mengatur keuangan bisa lebih mudah saat anak masih kecil dibanding saat remaja. 

Berikut tips parenting agar anak pintar mengatur keuangan dari Warren Buffett

  • Mengajarkan anak menabung

Mengutip dari CNBC, penting untuk mengajarkan anak tentang perbedaan keinginan dan kebutuhan. 

Hal ini bisa membantu mereka untuk mengatur keuangan. Berikan dua wadah untuk anak; satu untuk tabungan dan satu untuk pengeluaran. 

Dorong anak untuk membagi uang yang mereka terima ke dua tempat tersebut. Ajak anak untuk menentukan benda mana yang merupakan keinginan dan kebutuhan. 

Baca Juga: Cara membedakan motorik halus dan kasar pada anak

  • Mendorong anak agar menjadi pribadi yang fleksibel

Tips parenting untuk anak selanjutnya adalah membentuk pola pikir anak agar lebih fleksibel. Hal ini penting agar anak tidak terlalu kaku pada suatu keputusan. 

Kelak anak bisa lebih legowo dalam menerima segala keputusan. Cara ini juga bisa meningkatkan cara berpikir kreatif mereka. 

Ajak anak untuk mendaur ulang sampah seperti botol plastik. Biarkan anak untuk berkreasi dengan sampah tersebut agar kreativitas mereka berkembang. 

Cara ini bisa melatih kreativitas anak sekaligus mendorong anak untuk berhemat dan mencintai lingkungan. 

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru