4 Tips Sukses Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email, Jangan Sembarangan Kirim!

Senin, 29 Juli 2024 | 15:52 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Tips Sukses Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email, Jangan Sembarangan Kirim!

ILUSTRASI. 4 Tips Sukses Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email, Jangan Sembarangan Kirim!


MENCARI KERJA -  Pencari kerja sekarang cukup mengirim email berisikan lamaran kerja ke alamat email suatu perusahaan. 

Sayangnya, masih banyak pelamar kerja yang belum memahami tata cara mengirim lamaran via email. Imbasnya, tidak sedikit pencari kerja yang menunggu lama untuk mendapat pekerjaan. 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) memberikan informasi cara mengirim email lamaran kerja yang benar. Informasi tersebut dibagikan melalui situs resmi Ditjen Dikti

Berikut tata cara mengirim email lamaran kerja yang benar dari Ditjen Dikti.

Baca Juga: Pendaftaran Calon Bintara TNI AL Tahun 2024 Masih Dibuka, Lulusan SMA/SMK Bisa Daftar

  • Mengisi subjek atau judul

Sering pelamar kerja membiarkan subjek email lamaran kerja kosong. Hal ini justru akan membuat lamaran Anda tidak terbaca oleh HRD. Pihak perusahaan akan menganggap email lamaran kerja Anda tidak penting. 

Perusahaan juga menilai Anda tidak sopan karena tidak memberikan keterangan yang jelas. Setiap kali mengirim lamaran kerja via email, jangan lupa isi subjek pada email. Tulis nama serta posisi yang Anda lamar agar mudah dilihat HRD.

  • Menulis body email

Selain subjek, body email juga sering kali dibiarkan kosong. Padahal pada poin ini bisa menjadi kesempatan Anda mempromosikan diri. 

Isi body email dengan deskripsi singkat diri Anda. Tulis juga jabatan yang akan dilamar, alasan, serta apa yang bisa ditawarkan pada perusahaan.

  • Perhatikan tata bahasa

Cara mengirim email lamaran kerja selanjutnya adalah memperhatikan tata bahasa. Mungkin karena sangat antusias, Anda terburu-buru saat mengetik body email. 

Salah ketik atau pemakaian kosa kata bisa mempengaruhi kualitas email lamaran kerja. Karenanya, teliti saat mengetik email untuk melamar kerja. 

Gunakan bahasa yang baik dengan kosa kata yang baku. Hindari penggunaan istilah agar pihak perusahaan lebih mudah mengerti email Anda. 

Baca Juga: Minimal SMP, Cek Syarat Pendaftaran Calon Tamtama TNI AL Tahun 2024

  • Mengisi carbon copy dengan benar

Pastikan Anda sudah membaca persyaratan sebelum mengirim lamaran. Jika memang diizinkan menggunakan carbon copy (CC), bisa digunakan sewajarnya. 

Pastikan penggunaan CC sesuai dengan persyaratan dari perusahaan. Jika tidak ada ketentuan CC, lebih baik tidak diisi.

  • Perhatikan waktu mengirim email

Cara selanjutnya dalam mengirim email lamaran adalah waktu pengiriman email. Jangan mengirim email lamaran kerja di luar jam kerja. Hal ini menunjukkan Anda tidak bersikap profesional. 

Kirim email Anda antara pukul 09.00-12.00 atau 13.00-16.00. Waktu-waktu tersebut adalah jam operasional kantor. Mengirim email lamaran kerja di jam-jam tersebut besar kemungkinan lebih cepat dibaca oleh HRD. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru