5 Alasan mengapa anak-anak harus diajak jalan-jalan

Senin, 06 Juli 2020 | 10:40 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
5 Alasan mengapa anak-anak harus diajak jalan-jalan

ILUSTRASI. Dua anak jalan-jalan sambil mengamati benda-benda bersejarah di Rumah Si Pitung, Marunda, Jakarta Utara. Rumah yang pernah disinggahi salah satu tokoh pahlawan Betawi Si Pitung pada masa penjajahan Belanda, 1890, kini menjadi objek wisata edukasi sejarah.

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Jalan-jalan bersama anak bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi jika anak tidak diajak jalan-jalan sekarang, kapan lagi mereka akan mendapatkan pengalaman baru dan mengenal dunia ini? Melansir Boldsky, berikut adalah alasan kenapa anak harus diajak jalan-jalan.

Pertama, agar anak berpikiran terbuka dan belajar beradaptasi dengan lingkungan. Jalan-jalan akan membuat anak menghargai perbedaan antar manusia dan tempat.

Kedua, memperkuat ikatan keluarga. Dengan berjalan-jalan bersama anak, Anda akan punya banyak waktu dengannya dan berbagi pengalaman bersama sehingga bisa lebih mengenal satu sama lain.

Baca Juga: Berencana travelling saat pandemi? Begini pesan dari travel blogger

Ketiga, memlancar berkomunikasi. Di era digital ini, anak-anak dikelilingi dengan berbagai jenis teknologi misalnya smartphone, PSP, PlayStation dan lainnya. Kemajuan teknologi itu membuat mereka sibuk dengan dunianya sendiri dan jarang berkomunikasi dengan Anda. Mengajak anak berjalan-jalan bisa menjadi solusi untuk kembali memperlancar komunikasi.

Keempat, agar anak mendapatkan pengalaman baru. Mengajak anak ke wilayah lainnya bisa memperkaya pengalaman mereka seperti mengenal bahasa, makanan, musik dan gaya hidup yang baru.

Kelima, agar anak menilai betapa pentingnya nilai dan kerja keras. Jalan-jalan tidak dilakukan secara gratis. Akan tetapi, ada nilai dan kerja keras yang harus dibayar sebelumnya. Mengajak anak berjalan-jalan bisa membuat mereka menyadari dan menghargai uang dan pekerjaan.

Jadi, mulailah merencanakan jalan-jalan dengan anak Anda.

Baca Juga: Liburan ke Seoul, jangan lewatkan lima tempat ini

 

Editor: Novianti Siswandini
Terbaru