5 Cara belajar di rumah yang efektif selama masa pandemi

Kamis, 19 November 2020 | 13:23 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Cara belajar di rumah yang efektif selama masa pandemi


EDUKASI -  Selama masa pandemi Corona, pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus ini. Selama lebih dari 6 bulan lamanya, siswa dan mahasiswa melaksanakan pembelajaran daring. 

Selama kurun waktu tersebut, tidak sedikit pelajar yang mengeluh karena tidak bisa belajar dengan efektif. Banyak gangguan yang membuat proses belajar mereka tidak maksimal dan efisien.

Mencari cara belajar yang efektif diterapkan saat pandemi bisa memaksimalkan pembelajaran siswa. Berikut lima cara belajar efektif selama belajar di rumah yang bisa Anda coba. 

  • Memodifikasi ruang belajar

Melansir dari laman resmi Washington University, penting untuk memisahkan ruang belajar dengan ruang rekreasi. 

Usahakan tempat belajar dengan kamar tidur terpisah. Hal ini bisa meminimalisir rasa malas karena ingin rebahan di tempat tidur. 

hasilnya, belajar Anda bisa lebih efektif karena minim gangguan.

Memisah ruang belajar juga bisa memaksimalkan istirahat pelajar. Saat istirahat mereka tidak akan terbayang-bayang tumpukan buku dan tugas di meja belajar. 

Baca Juga: Ini mekanisme BSU Kemendikbud bagi lebih dari 1,5 juta guru dan tenaga honorer

  • Anggap seperti sekolah luring

Buat rutinitas seperti saat sedang sekolah secara offline atau luring. Bangun pagi sesuai jadwal biasanya, mandi, lalu jangan lupa sarapan. 

Cara ini bisa memaksimalkan belajar agar lebih efektif. Secara tidak langsung otak dan tubuh akan menganggap pembelajaran daring seperti tatap muka. 

Selama mengikuti pembelajaran, atur agar pesan masuk tidak muncul di layar gawai. Pesan atau notifikasi yang muncul tiba-tiba bisa membuyarkan konsentrasi. 

Pastikan koneksi dan gawai dalam kondisi yang baik. Jangan lupa catat materi yang diberikan guru atau dosen dengan rapih. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru