5 Cara jitu agar sukses menghadapi interview online

Rabu, 28 Oktober 2020 | 15:41 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Cara jitu agar sukses menghadapi interview online

ILUSTRASI. 5 Cara jitu agar sukses menghadapi interview online. KONTAN/Fransiskus SImbolon/12/01/2011


MENCARI KERJA -  Untuk mengurangi penyebaran Covid-19, wawancara kerja sekarang dilakukan secara online.  Adaptasi ini dilakukan agar proses rekrutmen tetap berjalan tapi tetap menjaga protokol kesehatan.

Bagi sebagian pencari kerja wawancara online mungkin masih asing. Karenanya tidak sedikit yang justru merasa kesulitan dengan wawancara online. 

Beragam kendala sering muncul karena belum terbiasa dengan sistem interview online. Imbasnya, sebagian pelamar tidak bisa lolos pada tahap ini. 

Bagi yang Anda yang baru pertama melakukan wawancara online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Dirangkum dari Indeed dan The New York Times, berikut tips agar interview kerja online Anda sukses.

interview online

  • Mempelajari aplikasi yang digunakan

Untuk menunjang interview online biasanya perusahaan memakai aplikasi tertentu. Google Meet, Zoom, hingga Skype biasa dipakai untuk wawancara online. 

Perusahaan biasanya mencantumkan jenis aplikasi apa yang akan digunakan saat interview online. Sebelum jadwal wawancara, sebaiknya Anda mempelajari aplikasi yang digunakan.

Pelajari fitur yang tersedia di aplikasi. Jangan sampai Anda menemui kendala saat wawancara kerja. Terlebih jika salah memilih fitur dan tidak tahu cara mengembalikannya.

  • Berpakaian rapi dan sopan

Meskipun online, wawancara kerja tetap diharuskan menggunakan pakaian rapi. Pewawancara ingin melihat bagaimana Anda menempatkan diri.  

Pakai pakaian formal yang sopan dan rapih. Untuk wanita bisa menggunakan riasan yang simple agar terlihat segar saat wawancara kerja.

Jangan sampai Anda tidak lolos hanya karena tidak menggunakan pakaian rapi saat wawancara.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru