5 Cara mengirim email lamaran kerja yang baik dan benar

Jumat, 20 November 2020 | 13:14 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Cara mengirim email lamaran kerja yang baik dan benar

ILUSTRASI. 5 Cara mengirim email lamaran kerja yang baik dan benar. Foto: DOK Shutterstock


MENCARI KERJA -  Mengirim lamaran kerja sekarang sudah sangat praktis dan cepat. Perusahaan biasanya meminta pelamar untuk mengirim lamaran kerja melalui email. 

Sayangnya, masih banyak pelamar kerja yang belum memahami tata cara mengirim lamaran via email. Imbasnya, tidak sedikit pencari kerja yang menunggu lama untuk mendapat pekerjaan. 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) memberikan informasi cara mengirim email lamaran kerja yang benar.  Informasi tersebut dibagikan melalui unggahan di Instagram resmi Ditjen Dikti (20/11/2020).

Berikut tata cara mengirim email lamaran kerja yang benar dari Ditjen Dikti.

  • Mengisi subjek atau judul

Sering pelamar kerja membiarkan subjek email lamaran kerja kosong. Hal ini justru akan membuat lamaran Anda tidak terbaca oleh HRD. Pihak perusahaan akan menganggap email lamaran kerja Anda tidak penting. 

Perusahaan juga menilai Anda tidak sopan karena tidak memberikan keterangan yang jelas. Setiap kali mengirim lamaran kerja via email, jangan lupa isi subjek pada email. Tulis nama serta posisi yang Anda lamar agar mudah dilihat HRD.

Baca Juga: Mahasiswa, ada beasiswa S2 ke Inggris 2021 dari British Council yang bisa dicoba

  • Menulis body email

Selain subjek, body email juga sering kali dibiarkan kosong. Padahal pada poin ini bisa menjadi kesempatan Anda mempromosikan diri. 

Isi body email dengan deskripsi singkat diri Anda. Tulis juga jabatan yang akan dilamar, alasan, serta apa yang bisa ditawarkan pada perusahaan.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru