5 Cara mengirim email lamaran kerja yang baik dan benar

Jumat, 20 November 2020 | 13:14 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Cara mengirim email lamaran kerja yang baik dan benar

ILUSTRASI. 5 Cara mengirim email lamaran kerja yang baik dan benar. Foto: DOK Shutterstock


MENCARI KERJA -  Mengirim lamaran kerja sekarang sudah sangat praktis dan cepat. Perusahaan biasanya meminta pelamar untuk mengirim lamaran kerja melalui email. 

Sayangnya, masih banyak pelamar kerja yang belum memahami tata cara mengirim lamaran via email. Imbasnya, tidak sedikit pencari kerja yang menunggu lama untuk mendapat pekerjaan. 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) memberikan informasi cara mengirim email lamaran kerja yang benar.  Informasi tersebut dibagikan melalui unggahan di Instagram resmi Ditjen Dikti (20/11/2020).

Berikut tata cara mengirim email lamaran kerja yang benar dari Ditjen Dikti.

  • Mengisi subjek atau judul

Sering pelamar kerja membiarkan subjek email lamaran kerja kosong. Hal ini justru akan membuat lamaran Anda tidak terbaca oleh HRD. Pihak perusahaan akan menganggap email lamaran kerja Anda tidak penting. 

Perusahaan juga menilai Anda tidak sopan karena tidak memberikan keterangan yang jelas. Setiap kali mengirim lamaran kerja via email, jangan lupa isi subjek pada email. Tulis nama serta posisi yang Anda lamar agar mudah dilihat HRD.

Baca Juga: Mahasiswa, ada beasiswa S2 ke Inggris 2021 dari British Council yang bisa dicoba

  • Menulis body email

Selain subjek, body email juga sering kali dibiarkan kosong. Padahal pada poin ini bisa menjadi kesempatan Anda mempromosikan diri. 

Isi body email dengan deskripsi singkat diri Anda. Tulis juga jabatan yang akan dilamar, alasan, serta apa yang bisa ditawarkan pada perusahaan.

  • Perhatikan tata bahasa

Cara mengirim email lamaran kerja selanjutnya adalah memperhatikan tata bahasa. Mungkin karena sangat antusias, Anda terburu-buru saat mengetik body email. 

Salah ketik atau pemakaian kosa kata bisa mempengaruhi kualitas email lamaran kerja. Karenanya, teliti saat mengetik email untuk melamar kerja. 

Gunakan bahasa yang baik dengan kosa kata yang baku. Hindari penggunaan istilah agar pihak perusahaan lebih mudah mengerti email Anda. 

  • Mengisi carbon copy dengan wajar

Pastikan Anda sudah membaca persyaratan sebelum mengirim lamaran. Jika memang diizinkan menggunakan carbon copy (CC), bisa digunakan sewajarnya. 

Pastikan penggunaan CC sesuai dengan persyaratan dari perusahaan. Jika tidak ada ketentuan CC, lebih baik tidak diisi.

  • Perhatikan waktu mengirim email

Cara selanjutnya dalam mengirim email lamaran adalah waktu pengiriman email. Jangan mengirim email lamaran kerja di luar jam kerja. Hal ini menunjukkan Anda tidak bersikap profesional. 

Kirim email Anda antara pukul 09.00-12.00 atau 13.00-16.00. Waktu-waktu tersebut adalah jam operasional kantor. Mengirim email lamaran kerja di jam-jam tersebut besar kemungkinan lebih cepat dibaca oleh HRD. 

Selanjutnya: Terbaru! Lowongan kerja di BUMN BGR Logistics November 2020, ini persyaratannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Tiyas Septiana

Terbaru