Gadget

5 Cara meningkatkan kecepatan Wi-Fi di rumah, penting di kala WFH

Senin, 21 September 2020 | 12:42 WIB   Reporter: Prihastomo Wahyu Widodo
5 Cara meningkatkan kecepatan Wi-Fi di rumah, penting di kala WFH

ILUSTRASI. Beberapa cara sederhana bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan wifi dan internet di rumah tanpa perlu membeli paket tambahan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain dengan membayar paket berlangganan yang lebih mahal, beberapa cara sederhana juga bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan internet Wi-Fi dengan singkat.

Saat kerja di rumah atau WFH di tengah pandemi Covid-19, koneksi internet jelas sangat dibutuhkan. Jika koneksi internet di rumah menjadi lambat, tentu semua aktivitas menjadi terhambat.

Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan kecepatan internet. Atau, setidaknya membuat koneksi internet di rumah menjadi lebih lancar.

Cara meningkatkan kecepatan Wi-Fi di rumah

Anda tidak perlu menambah biaya paket berlangganan untuk mendapatkan kecepatan internet yang maksimal. Cara-cara berikut ini bisa Anda lakukan:

Baca Juga: Begini cara mengganti background Zoom di laptop, biar rapat online lebih menarik

1. Letakkan router di posisi yang tepat

Anda perlu memperhatikan posisi router yang ada di rumah. Pastikan router terletak di posisi yang cukup terbuka dan tidak terhalang tembok, langit-langit, maupun perabot rumahtangga.

Posisi router terbaik adalah di tengah rumah, atau di dekat posisi Anda sering beraktivitas.

2. Jauhkan dari perangkat elektronik dan sinyal nirkabel lain

Selain menjauhkan dari halangan fisik yang besar, router juga sebisa mungkin harus terhindar dari perangkat elektronik yang memancarkan gelombang nirkabel.

Beberapa contoh perangkat tersebut adalah TV, microwave, dan speaker bluetooth yang kini banyak digunakan di rumah. Menjauhkan router dari beberapa perangkat di atas bisa efektif meningkatkan kecepatan Wi-Fi.

Baca Juga: Perbedaan SSD dan HDD, benarkah SSD lebih baik?

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo


Terbaru