5 Cara Minimalisasi Risiko yang Membahayakan Anak Saat Berada di Dalam Mobil

Rabu, 26 Juli 2023 | 15:46 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Cara Minimalisasi Risiko yang Membahayakan Anak Saat Berada di Dalam Mobil

ILUSTRASI. Auto2000 memberikan tips mengenai cara meminimalisasi risiko yang dapat membahayakan anak saat berada di dalam mobil. (KONTAN/Baihaki)


Cara Minimalisasi Risiko Anak Di Mobil - Indonesia merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2023. Hari Anak Nasional 2023 sebagai pengingat bahwa kita semua harus bertanggung jawab dalam menyayangi dan melindungi anak-anak, termasuk saat berada di dalam mobil. 

Serta saat berpergian jarak dekat maupun jauh. Untuk itu, Auto2000 memberikan tips mengenai cara meminimalisasi risiko yang dapat membahayakan anak saat berada di dalam mobil. 

Lantas, apa saja cara meminimalisasi risiko saat anak berada dalam mobil? 

Baca Juga: Empat Pelajaran dari Warren Buffett yang Bisa Bikin Cepat Kaya

Cara meminimalisasi risiko saat anak berada dalam mobil

Dirangkum dari keterangan resmi Auto2000, berikut tips supaya anak tetap nyaman, aman, dan selamat saat berada dalam mobil: 

1. Car seat untuk balita

Bila anak masih kecil, jangan hanya dipangku, tetapi bisa didudukkan di car seat untuk balita. Car seat diketahui lebih aman dan nyaman digunakan oleh buah hati selama perjalanan di dalam mobil. 

Selain itu, car seat juga bisa melindungi mereka dari benturan keras. Bila usianya sudah cukup atau mampu duduk dengan baik yakni lebih dari 4 tahun, diwajibkan untuk menggunakan sabuk pengaman.

Baca Juga: Hyundai Andalkan Namyang R&D Center untuk Hadirkan Berbagai Inovasi Produk

2. Bikin kabin senyaman mungkin

Pastikan kabin dalam kondisi bersih dan rapi untuk membuat anak betah di dalam mobil. Atur penempatan barang supaya tidak mengganggu pergerakan anak.

Sediakan entertainment seperti film atau game yang bervariasi agar anak tidak cepat bosan. Boneka atau barang kesayangan anak dapat membuat mereka merasa lebih tenang, termasuk camilan dan minuman kesukaan.

Baca Juga: Varian Hatchback Masih Tinggi, Cek Harga Mobil Bekas Mazda 3 Lawas

3. Waspadai pemicu anak menjadi tantrum

Tantrum pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal, bahkan kondisi yang tampaknya sepele termasuk saat berada di dalam mobil. 

Perhatikan tanda-tandanya supaya anak tidak mengalami hal tersebut. Jika anak tantrum di dalam mobil maka dapat membuat anak merasa tidak nyaman dan fokus mengemudi akan terganggu yang dapat beresiko fatal. 

4. Pahami sifat dan karakter anak

Anda pasti sudah paham sifat dan karakter anak tercinta sehingga pengetahuan tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam mengatur perjalanan. 

Anak juga pasti memiliki pengalaman diajak berkendara sebelumnya. Pahami perilakunya supaya dapat diajak berkendara dengan tenang dan nyaman.

Baca Juga: Catat Rute Ganjil Genap Jakarta Barat, Simak Biar Aman dari Denda!

5. Jangan meninggalkan anak sendirian di dalam mobil

Hal ini yang kerap dilakukan oleh banyak orang tua, dengan alasan meninggalkannya dalam waktu “sebentar”. Padahal itu sangat tidak direkomendasikan karena besar sekali risiko bahaya terhadap anak. 

“Membawa anak berkendara dengan mobil AutoFamily merupakan kegembiraan tersendiri, dengan mempelajari tips dari kami, AutoFamily dapat memberikan kenyamanan dan keamanan anak di dalam mobil. Pastikan kondisi mobil dengan rutin melaksanakan servis berkala di bengkel Auto2000 terdekat atau memanggil petugas THS Auto2000 Home Service ke rumah. Lebih nyaman dan aman dengan mobil Toyota yang prima,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Selasa (25/7/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru