Edukasi

5 Hal penting yang harus dimiliki sebelum menikah, apa saja?

Kamis, 15 Juli 2021 | 21:10 WIB   Reporter: Rizka Noveliana
5 Hal penting yang harus dimiliki sebelum menikah, apa saja?

ILUSTRASI. Hal penting ini harus sudah anda miliki pra-menikah

KONTAN.CO.ID - Mewujudkan pernikahan yang indah adalah idaman semua orang. Namun, ada hal-hal penting yang harus sudah anda miliki dari sebelum menikah.

Hal-hal penting bisa berupa kesiapan fisik, mental dan keuangan. Untuk lebih jelasnya, Momsmoney telah memilih 5 hal penting, yaitu:

1. Pola Makan dan Hidup Sehat

Membangun kebiasaan pola makan dan hidup sehat sangat baik dilakukan dari pra-menikah. Selain untuk kesehatan anda, kebiasan tersebut juga bisa berpengaruh di kehidupan keluarga anda nanti. 

Jika anda memiliki anak dan pasangan yang sehat, maka hal tersebut akan menjadi kado terbaik keluarga. Anda harus ingat, kesehatan itu mahal!

2. Membereskan Utang

Sebaiknya anda segera membereskan semua utang yang sebelumnya sudah dimiliki. Contohnya seperti tunggakan kartu kredit. Jangan sampai utang anda malah menyusahkan pasangan dan menjadi masalah besar di dalam pernikahan. 

3. Fokus pada karier

Melansir dari Finansialku.com, manfaatkan waktu untuk membangun jaringan profesional yang solid dan pertimbangkan semua opsi yang tersedia.

Usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi berbagai opsi.

Saat masih single, kamu bisa lebih fleksibel untuk pindah ke berbagai kota dan mengejar pekerjaan impian, sekaligus benar-benar fokus untuk membangun reputasi yang baik.

Baca Juga: Cermatlah Dalam Memilih Produk Asuransi Yang Tepat

4. Membangun kebiasaan keuangan yang baik

Membangun kebiasan keuangan yang baik harus dimulai dari usia 20-an. Memang benar di usia 20-an, anda baru merasakan memiliki uang pribadi dengan hasil kerja sendiri. Sehingga anda akan banyak memberikan self-reward, nongkrong bersama teman dan mencoba berbagai hobi.

Namun, jika kamu telah menetapkan dasar dari kebiasaan keuangan yang baik, akan lebih mudah untuk terus bergerak maju dan mencapai tujuan keuangan yang direncanakan.

5. Kesiapan emosi dan mental

Hal ini juga sangat penting sebelum memutuskan untuk menikah. Persiapkan diri anda baik itu emosi dan mental agar hubungan pernikahan berjalan baik.

Jika anda dapat berdamai dengan diri sendiri, maka anda telah memiliki dasar dalam mencintai seseorang.

Memang itu sangat tidak mudah. Diharapkan saat menikah, anda dan pasangan sama-sama dapat mengisi tangki cinta di keluarga baru anda.

Nah, itulah 5 hal penting yang harus sudah anda miliki sebelum menikah. Persiapkan diri anda dan lakukan yang terbaik. Semoga membantu!

Selanjutnya: Cermati Mengatur Keuangan untuk Pasangan Baru Menikah

 

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru