5 Hard skill ini dibutuhkan di dunia kerja 2020, sudah ada yang Anda kuasai?

Jumat, 02 Oktober 2020 | 11:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Hard skill ini dibutuhkan di dunia kerja 2020, sudah ada yang Anda kuasai?

ILUSTRASI. 5 Hard skill ini dibutuhkan di dunia kerja 2020, sudah ada yang Anda kuasai?


MENCARI KERJA -  Pencari kerja dituntut untuk memiliki beragam kemampuan agar bisa bersaing. Kemampuan yang dicari di antaranya hard skill dan soft skill.

Rata-rata perusahaan mencari calon pegawai dengan keahlian tertentu. Mereka menginginkan pegawai yang mumpuni dan berkualitas. 

Hard skill adalah kemampuan yang didapat dari latihan dan pendidikan. Mengutip Investopedia, kemampuan ini penting dimiliki untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi pegawai. 

Hard skill bisa di dapat dan ditingkatkan dengan cara berlatih. Pencari kerja bisa mengikuti kursus atau pelatihan untuk meningkatkan kemampuan tertentu. 

Di era industri 4.0, beragam kemampuan mulai diperhitungkan. Di tahun 2020 ini, beberapa hard skill makin dibutuhkan di berbagai industri. 

Linkedin (09/01/2020) merilis daftar kemampuan yang dibutuhkan tahun 2020. Daftar ini mencakup hard skill dan soft skill yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. 

Apa saja hard skill yang dibutuhkan di tahun 2020? Berikut kumpulan hard skill yang dibutuhkan perusahaan. Daftar ini dihimpun KONTAN.co.id dari Linkedin dan Indeed.com

  • Mobile app development

Beragam aplikasi disediakan untuk mempermudah hidup manusia. Karenanya kemampuan mobile app development menjadi semakin dicari. 

Banyak perusahaan yang berlomba mengembangkan aplikasi ponsel. Sudah banyak lowongan kerja yang mencantumkan hard skill ini. 

Para mobile developer bertugas untuk membuat dan mengembangkan aplikasi ponsel. Mereka juga memastikan aplikasi tetap berjalan dengan baik meski sudah diluncurkan.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru