5 Jenis Makanan yang Tidak Disarankan Bagi Penderita Radang Sendi

Jumat, 10 Februari 2023 | 18:05 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Jenis Makanan yang Tidak Disarankan Bagi Penderita Radang Sendi


KESEHATAN - Simak beberapa makanan yang dilarang bagi penderita radang sendi. Penderita radang sendi sangat penting untuk menjaga asupan makanan yang dikonsumsi.

Jika Anda makan sembarangan bisa membuat radang sendi semakin parah yang akan menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan kesulitan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Meski terlihat sepele menghindari makanan yang dilarang bagi penderita radang sendi adalah hal yang penting dan harus dipatuhi.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Mata Panda secara Alami, Catat Ya!

Pasalnya, selain itu radang sendi juga bisa memicu munculnya berbagai penyakit lain seperti diabetes hingga sakit jantung. 

Selain menghindari makanan yang dilarang bagi penderita radang sendi, jangan lupa juga untuk berkonsultasi atau memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter agar gejala-gejala yang dialami bisa teratasi. 

Melansir dari Arthritis Foundation, berikut beberapa makanan yang dilarang bagi penderita radang sendi, di antaranya: 

1. Gula

Makanan yang mengandung gula tinggi sangat dilarang bagi penderita radang sendi. Pasalnya, mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dapat memperparah radang sendi. 

Oleh sebab itu, penting untuk membatasi mengkonsumsi gula jika Anda mempunyai masalah sendi. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi gula juga meningkatkan risiko diabetes.

Baca Juga: Punya Banyak Khasiat, Ini 5 Manfaat Daun Kale Untuk Kesehatan Tubuh

2. Lemak

Selain gula, makanan yang terlalu banyak mengandung lemak trans juga dilarang bagi penderita radang sendi. Makanan yang mengandung lemak trans contohnya seperti gorengan, makanan cepat saji, makanan beku dan lain sebagainya. 

Tak hanya memperparah radang sendi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dapat memicu kolesterol tinggi hingga penyakit jantung.

Baca Juga: Sudah Tahu Manfaat Seks Untuk Kesehatan Tubuh? Simak Yuk!

3. MSG

MSG memang dikenal dapat menambah citarasa suatu makanan. Namun, MSG sebaiknya tidak dikonsumsi bagi Anda yang mempunyai masalah radang sendi. Pasalnya, MSG dapat memicu peradangan dalam tubuh dan tidak baik untuk kesehatan liver. 

4. Asam Lemak Omega-3

Makanan yang dilarang bagi penderita radang sendi selanjutnya adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi. Meski, asam lemak omega-3 baik untuk pertumbuhan, namun jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping termasuk memperburuk radang sendi. 

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan Ya!

5. Alkohol

Dilansri dari Arthritis, penderita radang sendi juga dilarang mengkonsumsi alkohol. Pasalnya, alkohol dapat memicu peradangan jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, mengkonsumsi alkohol juga tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru