5 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Agar Siap Menghadapi Dunia Kerja

Jumat, 23 September 2022 | 16:20 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Agar Siap Menghadapi Dunia Kerja


EDUKASI -  Mahasiswa perlu membekali diri dengan berbagai skill atau keterampilan agar tidak kaget saat mulai terjun dalam dunia kerja.

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat banyak perusahaan membutuhkan lulusan yang memiliki skills tambahan selain kemampuan akademis yang dimiliki. 

Persaingan yang kompetitif juga menyebabkan banyaknya fresh graduate yang masih menjadi pengangguran.

Dosen Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Junaidi Fery Efendi, menjelaskan pentingya mahasiswa memiliki skill. 

Baca Juga: Sejarah Kesuksesan Starbucks, dari Kedai Kecil Jadi Raksasa Franchise Minuman Dunia

Menurutnya, hal tersebut bertujuan agar mahasiswa mampu merencanakan target capaian-capaian selama belajar dan sukses dalam studi di peguruan tinggi.

“Mahasiswa yang memiliki skill yang kuat akan berbeda dengana mahasiswa yang lain. Pasalnya skill akan membentuk hubungan yang lebih baik dengan rekan mahasiswa ataupun lingkungan sekitarnya,” tutur Junaidi, dikutip dari situs UM Surabaya.

5 Skill yang wajib dimiliki mahasiswa

Junaidi memaparkan, mahasiswa setidaknya perlu memiliki lima jenis keterampilan agar lebih siap saat bekerja nanti.

Pertama adalah kemampuan komunikasi. Kemampuan komunikasi sangat penting untuk dikuasai mahasiswa ataupun lulusan Perguruan Tinggi. 

Hal ini akan mempermudah mahasiswa menyampaikan ide atau gagasan dalam merancang atau menerapkan proyek sesuai kebutuhan  pemegang kepentingan.

Untuk membangun personal branding yang baik, mahasiswa harus mencoba untuk menaklukkan skill komunikasi. Hal ini bisa dilakukan dengan berlatih bicara di depan cermin dan menceritakan sesuatu.

Skill yang kedua adalah berpikir kritis. Dengan melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis akan membantu mahasiswa menemukan solusi terbaik untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada di dunia perkuliahan ataupun di dunia kerja.

“Untuk mengasah ini mahasiswa bisa memulai dengan membaca buku sehingga akan menguasai banyak kosakata baru. Membaca buku akan membuka cara berpikir serta menganalisa suatu masalah terkait isu-isu mutakhir yang terjadi,” katanya lagi.

Ketiga memiliki empati. Empati akan menumbuhkan keharmonisan dan membangun hubungan sosial dengan orang lain.

Dengan memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain , seseorang bisa merespon dengan tepat dalam situasi sosial. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hubungan sosial penting untuk kesejahteraan fisik dan psikologi.

Baca Juga: BSU 2022 Rp 600.000 Belum Cair ke Rekening Pekerja? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Keempat skill menulis. Aktivitas menulis merupakan kegiatan yang menyerap informasi pengetahuan lalu menyampaikannya pada banyak orang secara tertulis.

Mahasiswa yang memiliki kemampuan ini cenderung memiliki pengetahuan kecerdasan yang tinggi.

Skill yang perlu dimiliki mahasiswa yang kelima adalah manajemen waktu. Saat menjadi mahasiswa seseorang akan dituntut lebih pandai dalam membagi waktu antara tugas yang banyak dengan padatnya jadwal kuliah. 

Ditambah kepanitiaan, organisasi hingga UKM. Untuk mengatasi hal ini mahasiswa bisa mempersiapkan diri dengan melatih kemampuan manajemen waktu dengan membuat jadwal dan mencatat seluruh agenda pada catatan hp atau kalender.

“Mulailah dengan membuat daftar prioritas atas pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan dalam 1 hari, 1 minggu bahkan 1 bulan. Dengan mengatur jadwal mahasiswa akan tahu berapa waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan tugas tertentu,” ucap Junaidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru