5 Kesalahan mendekorasi rumah, yuk hindari!

Selasa, 09 November 2021 | 11:15 WIB   Reporter: Kania Paramahita
5 Kesalahan mendekorasi rumah, yuk hindari!

KONTAN.CO.ID - Mendekorasi rumah memang merupakan kegiatan yang paling menyenangkan saat menata rumah, apalagi jika kita sudah memiliki bayangan soal penampilan interior rumah.

Mendekorasi rumah tidak hanya bertujuan untuk membuat rumah terlihat bergaya dan estetik. Namun, rumah yang didekorasi dengan baik juga dapat menampilkan kepribadian pemilik rumah dan memunculkan suasana tertentu di dalam rumah.

Walaupun pemilik rumah bebas mendekorasi rumah dengan gaya apapun yang diinginkan, ada beberapa kesalahan saat mendekorasi rumah yang membuat interior rumah justru makin berantakan dan tidak enak dipandang.

Tidak ingin rumah terlihat berantakan karena salah mendekor? Yuk, simak artikel ini. Dilansir dari The Spruce, MyDomaine, dan bhg.com, berikut beberapa kesalahan yang umum dilakukan saat mendekorasi rumah, serta bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga: Baru, ini cara cek nilai ambang batas seleksi PPPK Guru 2021 tahap 2

Menggunakan terlalu banyak warna

Interior rumah yang berwarna-warni memang menyenangkan dan dapat menghidupkan suasana rumah, tapi keberadaan warna yang terlalu banyak bisa membuat ruangan terasa berantakan dan ramai.

Solusinya, Anda cukup menggunakan satu atau dua warna, kemudian kombinasikan dengan warna-warna netral sebagai penyeimbang. Interior rumah Anda pun akan terlihat nyaman dan lapang.

Menempatkan terlalu banyak dekorasi

Wajar jika Anda ingin menempatkan banyak dekorasi di sana-sini. Namun, sama seperti poin sebelumnya, dekorasi yang terlalu banyak pada ruangan dapat memberi kesan sumpek dan berantakan.

Jadi, Anda perlu mengurangi jumlah dekorasi pada rumah. Hanya gunakan dekorasi yang Anda suka dan fungsional, sehingga keberadaan dekorasi tidak terasa sia-sia pada rumah Anda.

Menggantung hiasan dinding sembarangan

Selain dekorasi yang diletakkan dan dipajang di meja, dekorasi berupa hiasan dinding juga dapat memberi kesan berantakan jika digantung sembarangan. Tak hanya itu, dinding rumah Anda pun akan terasa ramai dan membuat Anda tidak nyaman.

Jika Anda ingin menggunakan beberapa hiasan dinding, ada baiknya Anda menyediakan satu sisi dinding yang khusus digunakan untuk memajang hiasan tersebut. Selain mempercantik rumah, keberadaan dinding tersebut bisa menjadi aksen yang menarik di ruangan.

Baca Juga: Promo J.CO mingguan 8-14 November 2021, dapatkan paket menarik dengan harga hemat

Mengutamakan desain dibandingkan fungsi

Terkadang, karena menyukai furnitur atau dekorasi yang terlihat lucu, orang-orang langsung membelinya tanpa berpikir panjang. Padahal, belum tentu furnitur yang terlihat lucu akan nyaman digunakan. Dekorasi yang terlihat lucu juga tidak menjamin kegunaannya di rumah.

Jadi, sebelum membeli furnitur atau dekorasi, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan dan fungsinya dibandingkan desain. Uang dan tenaga yang Anda keluarkan pun tidak akan sia-sia.

Membeli furnitur murah demi menghemat pengeluaran

Demi menghemat pengeluaran, tidak sedikit orang yang memilih untuk membeli furnitur murah dengan spesifikasi seadanya. Padahal, furnitur seperti ini cenderung tidak tahan lama. Anda pun harus merogoh kocek tambahan bila furnitur rusak dan butuh pengganti secepatnya.

Oleh karena itu, hindari membeli furnitur murah secara sembarangan. Bukan berarti Anda harus membeli furnitur yang super mahal, tapi belilah furnitur dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan budget supaya dapat menjadi “investasi” dalam jangka panjang.

Nah, itulah kesalahan-kesalahan dalam mendekorasi rumah yang perlu diketahui. Apakah Anda pernah melakukan salah satunya? Jika ya, yuk coba hindari kesalahan tersebut supaya rumah Anda terlihat makin cantik dan nyaman ditempati.

Selanjutnya: Untuk guru, nakes, dan veteran: Ini cara mengambil voucher tiket gratis KAI

Editor: Kania Paramahita
Terbaru