5 Manfaat Ekstrak Daun Zaitun yang Baik Untuk Kesehatan

Kamis, 07 April 2022 | 04:44 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Manfaat Ekstrak Daun Zaitun yang Baik Untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Daun zaitun.


KESEHATAN - Tahukah Anda ekstrak daun zaitun mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan? 

Dilansir dari Real Simple, menurut penelitian ekstrak daun zaitun memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Selain ekstrak daunnya, pohon zaitun sendiri terkenal dengan manfaat dari buahnya yang juga diekstrak untuk dijadikan minyak yang kerap disebut sebagai salah salah satu minyak terbaik untuk memasak. 

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Menggunakan Bahan Alami, Ampuh!

Oleh karena itu, tak heran ekstrak daun zaitun juga mempunyai banyak manfaat dan sering dijadikan bahan ramuan berbagai macam obat herbal. 

Umumnya ekstrak daun zaitun sendiri diolah menjadi suplemen, teh, hingga obat herbal bubuk untuk dikonsumsi secara langsung.

Berikut beberapa manfaat ekstrak daun zaitun bagi kesehatan yang dilansir dari Real Simple: 

1. Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian terkuat menunjukkan bahwa ekstrak daun zaitun dapat membantu menurunkan tekanan darah pada mereka yang menderita hipertensi ringan hingga sedang. 

Namun, sebelum mengkonsumsi ekstrak daun zaitun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek 
samping yang ditimbulkan. 

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat ekstrak daun zaitun lainnya adalah mampu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Dilansir Real Simple, Sebuah penelitian yang menjanjikan dari Israel menunjukkan bahwa ekstrak daun zaitun dapat berdampak pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2. 

3. Menjaga Kesehatan Jantung 

Selain dapat menurunkan tekanan darah sekaligus glukosa, alhasil ekstrak daun zaitun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan daun zaitun mempunyai kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi. Dan mungkin ekstrak daun zaitun memiliki manfaat lainnya.

Baca Juga: 7 Tips Menjalankan Puasa untuk Ibu Hamil

4. Menjaga Kesehatan Otak

Tak berhenti sampai disitu, ekstrak daun zaitun juga dapat menjaga kesehatan otak. Pasalnya, ekstrak daun zaitun mengandung senyawa bioaktif seperti flavonoid, oleuripein dan flavon luteolin yang semua bermanfaat dan dibutuhkan untuk melindungi otak dan bagian lain dari tubuh Anda.

5. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Ekstrak daun zaitun juga mengandung sifat antikanker. Artinya, ekstrak daun zaitun ini mempunyai manfaat yang mampu menghentikan atau mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang berbahaya bagi kesehatan.

Hal tersebut juga dikarenakan ekstrak daun zaitun mengandung antioksidan dan antiinflamasi  tinggi yang berperan melawan berbagai radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru