5 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Terkenal dan Cocok Dijadikan Hadiah

Selasa, 19 Desember 2023 | 13:53 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Terkenal dan Cocok Dijadikan Hadiah

ILUSTRASI. Suasana Gedung Sate di Bandung, Jawa Barat, Senin (27/7/2020). Gedung Sate yang dulu disebut Gouvernements Bedrijven itu dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda pada 27 juli 1920 dan berdiri di atas lahan seluas 27.990,859 meter persegi, dengan luas bangunan sekitar 10.877,734 meter persegi. Gedung Sate saat ini menjadi kantor pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat sekaligus menjadi salah satu objek wisata sejarah. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/pras.


Oleh-Oleh Khas Bandung - Ada berbagai pilihan oleh-oleh khas Bandung yang terkenal dan cocok untuk dijadikan hadiah bagi keluarga. Kota Bandung sendiri memang dikenal sebagai salah satu kota yang mempunya daya tarik wisata termasuk oleh-olehnya.

Tidak heran, para wisatawan yang datang bisa memilih berbagai macam objek wisata dan menyantap berbagai kuliner khas Bandung.

Agar orang terdekat bisa mencicipi bagaimana rasanya makanan-makanan dari Bandung. Berikut ada beberapa rekomendasi makanan legendaris yang cocok dijadikan oleh-oleh khas Bandung;

Baca Juga: Daftar 10 Klub Termahal di BRI Liga 1 2023-2024, Persib Bandung Teratas

1. Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung merupakan rekomendasi pertama oleh-oleh khas Kota Kembang ini. Makanan fermentasi dari singkong ini memiliki cita rasa yang manis dan enak untuk disantap langsung atau bisa juga diolah lagi.

Makanan ini bisa diolah menjadi peuyeum goreng, kolak, atau dibuat es doger. Harga peuyeum Bandung ini dibanderol dengan kisaran harga 20.000 rupiah per kilogram.

Peuyeum Bandung ini cukup mudah ditemui di berbagai sudut Kota Bandung, salah satunya Leuwipanjang, Pasteur dan Citatah. 

Baca Juga: Top Skor BRI Liga 1: David da Silva Masih Jadi yang Terbanyak

2. Keripik Tempe Goreng

Keripik tempe goreng ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Bandung yang paling banyak dipilih. Pasalnya, kripik tempe goreng ini mempunyai berbagai rasa yang enak.

Selain enak, biasanya kripik tempe ini digoreng dadakan sehingga anda bisa melihat proses penggorengan sekaligus menambah cita rasa saat dimakan hangat-hangat.

Kripik tempe goreng ini bisa dibeli sesuai keinginan anda. Serta biasanya di kios kripik tempe goreng ini juga ada peuyeum Bandung yang dijual.

3. Wajit Cililin

Rekomendasi oleh-oleh khas Bandung selanjutnya adalah Wajit Cililin. Salah satu penjual wajit cililin yang terkenal adalah Wajit Asli Cililin Cap Potret Hj. Siti Romlah. 

Berlokasi di Jalan Radio No.1, Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Wajit Cililin mempunyai khas dengan dibungkus oleh daun jagung. 

Panganan ini sangat enak dimakan berbarengan di minuman hangat. Wajit Cililin ini dibanderol dengan harga 15.000 rupiah per 250 gram.

Baca Juga: 10 Pemain Sepakbola Termahal di BRI Liga 1 2023-2024, Radja Nainggolan Paling Mahal

4. Batagor Yunus

Batagor Yunus merupakan pilihan lain oleh-oleh khas Bandung selanjutnya. Berlokasi di Jalan Raya Kopo No.68, Kota Bandung, Batagor ini buka dari jam 07.00-21.00 WIB.

Cita rasa Batagor Yunus bisa membuat lidah ingin terus menyantap makanan satu ini. Batagor Haji Yunus ini sudah ada sejak tahun 1972 sehingga menjadi salah satu makanan yang cukup legendaris di Bandung.

Batagor ini bisa disajikan dengan kuah atau bumbu kacang yang khas. Selain itu batagor ini juga bisa dibeli setengah matang atau mentah sehingga cocok untuk oleh-oleh orang terdekat anda.

Baca Juga: Simak 20 Universitas Terbaik di Indonesia 2023, UI Peringkat Paling Atas

5. Kopi Aroma

Kopi Aroma merupakan salah satu oleh-oleh khas Bandung yang wajib dipilih, apalagi untuk pecinta kopi. Pasalnya kopi ini merupakan salah satu kedai kopi tertua di Bandung karena sudah ada sejak tahun 1930. 

Uniknya kopi aroma ini tidak dijual secara online, oleh karena itu Kopi Aroma wajib dijadikan oleh-oleh jika anda berkunjung ke Bandung.

Toko Kopi Aroma ini buka dari jam 09.00-14.30 WIB, berada di Jalan Banceuy no.51, Kota Bandung. Toko kopi ini masih mempertahankan nuansa klasiknya dan anda akan mencium aroma kopi saat melewat ke toko kopi legendaris ini.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh makanan legendari khas Bandung yang bisa anda pilih saat berkunjung ke kota kembang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru