CLOSE [X]

5 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di 2022, Peluang Kerja Terbuka Lebar

Jumat, 31 Desember 2021 | 15:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di 2022, Peluang Kerja Terbuka Lebar

ILUSTRASI. 5 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di 2022, Peluang Kerja Terbuka Lebar. Foto: Ilustrasi foto profesi Aktuaria. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


KONTAN.CO.ID -  Jakarta. Tren bidang pekerjaan selalu berubah mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat termasuk di tahun 2022. 

Setiap tahunnya kebutuhan masyarakat selalu berubah, khususnya dua tahun terakhir saat pandemi Covid-19 melanda dunia. 

Daftar Isi

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak Desember 2019 lalu memaksa banyak sektor melakukan adaptasi. Bidang pekerjaan yang semula dikerjakan di perkantoran, terpaksa menyesuaikan dengan keadaan agar bisa diselesaikan di rumah. 

Banyak jenis pekerjaan yang mulai ditinggalkan saat pandemi berlangsung, namun di sisi lain ada profesi-profesi yang justru sangat dibutuhkan di masa pandemi. 

Merangkum dari Forbes, berikut ini 5 bidang pekerjaan yang berkembang dan diperkirakan banyak dibutuhkan dia tahun 2022. 

Baca Juga: Universitas Muhammadiyah Purwokerto Buka Lowongan Staf dan Dosen, Simak Syaratnya

Kesehatan

Pekerjaan di bidang kesehatan masih mendominasi pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan. Hal ini mengingat pandemi yang masih belum berakhir hingga waktu yang belum diketahui.

Kehadiran tenaga kesehatan baik perawat, dokter, apoteker, dan sebagainya sangat dibutuhkan masyarakat di tengah pandemi. 

Melansir dari Forbes, di tahun 2027, dibutuhkan setidaknya lebih dari 500.000 perawat terdaftar. Agar bisa berkarir sebagai perawat yang terampil, seseorang perlu menempuh pendidikan Keperawatan dan juga mendapatkan Surat Tanda Registrasi.   

Informasi teknologi

Bidang pekerjaan selanjutnya yang banyak dibutuhkan di tahun 2022 adalah informasi teknologi. Bidang ini terus berkembang seiring dengan meningkatnya penggunaan gawai dan internet untuk kebutuhan belajar dan bekerja di rumah. 

Tidak heran jika para ahli bidang teknologi dan informasi akan selalu dicari untuk mendukung kegiatan yang berhubungan dengan internet dan gadget

Software atau aplikasi development adalah dua diantara sekian banyak pekerjaan bidang teknologi informasi yang bisa jadi pilihan profesi di masa depan. 

Supply chain management

Selain bidang kesehatan dan teknologi, bidang retail. Bidang ini memiliki serangkaian profesi yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. 

Menengok fenomena panic buying saat pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang mengubah strategi produksi dan penjualan mereka. 

Pekerjaan di supply chain management seperti purchasing, logistik, hingga distribusi banyak mengalami perubahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. yang serba mendadak. 

Dengan demikian, pekerjaan di bidang retail akan selalu dibutuhkan mengingat kebutuhan masyarakat selalu tinggi.

Baca Juga: Resolusi Sering Tidak Tercapai? Ini Tips agar Resolusi 2022 Bisa Sukses Terwujud

Keuangan

Bidang keuangan merupakan salah satu bidang pekerjaan yang selalu dibutuhkan setiap tahunnya. Bahkan dalam 10 tahun ke depan, karir di bidang manajemen keuangan diperkirakan tumbuh hingga 15%. 

Manajer keuangan bertanggungjawab atas pengeluaran dan pendapatan perusahaan. Di saat yang sama, manajer keuangan juga mencari solusi untuk memaksimalkan profitabilitas perusahaan. 

Aktuaria dan statistika

Bidang pekerjaan aktuaria memang mulai banyak dibutuhkan perusahaan di beberapa tahun belakangan dan di tahun 2022. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa asuransi dan perbankan paling banyak membutuhkan seorang aktuaris. 

Kemampuan yang membuat aktuaris banyak dibutuhkan di masa depan adalah keterampilan untuk mengevaluasi resiko dan memprediksi pelanggan yang berpotensi dengan yang tidak. 

Untuk menjadi seorang aktuaris, Anda perlu menempuh pendidikan yang berkaitan dengan ilmu aktuaria. Beberapa universitas di Indonesia sudah memiliki program studi yang menunjang profesi ini.

Selain aktuaris, ahli statistika juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan di masa depan. Mereka bertugas untuk menganalisa data yang berkaitan dengan penjualan, keuntungan, hingga prospek di masa depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru