5 Pemain bergelar raja assist sepanjang sejarah Liga Inggris

Jumat, 25 Desember 2020 | 15:17 WIB Sumber: Sportskeeda
5 Pemain bergelar raja assist sepanjang sejarah Liga Inggris

ILUSTRASI. 5 Pemain bergelar raja assist sepanjang sejarah Liga Inggris. REUTERS/Michael Regan

KONTAN.CO.ID - LONDON. Gelaran Liga Inggris merupakan salah satu kompetisi sepak bola yang diklaim paling kompetitif di dunia. Salah satu faktornya adalah banyaknya pemain kelas dunia yang berkarir di Liga Inggris. Sehingga tercipalah bintang sepak bola yang mampu mencetak banyak gol dan menjadi raja assist. 

Beberapa pemain terbaik dunia seperti Ryan Giggs, Eric Cantona, Wayne Rooney, merupakan legenda klub Manchester United. Status tersebut tak lepas dari kontribusi terbaik para pemain. 

Selain itu ada nama Frank Lampard, Cesc Fabregas, hingga Dennis Bergkamp yang miliki insting dalam umpan assist. Artinya, nama pemain tersebut cukup berperan sebagai raja assist di klubnya.

Untuk itu, simak pemain pencatat assist terbanyak atau raja assist di Liga Inggris sepanjang sejarah sepak bola Inggris. Dilansir dari Sportskeeda.com, simak daftarnya sebagai berikut:

Baca Juga: Piala Dunia U20 2021 ditunda, tuan rumah Indonesia rugi

5. Dennis Bergkamp - 94 assist

Dennis Bergkamp, salah satu raja assist di Liga Inggris

Di peringkat kelima raja assist di Liga Inggris yakni Denis Bergkamp. Bergkamp adalah salah satu pemain Arsenal yang memiliki gaya elegan yang pernah menghiasi Liga Inggris.

Orang Belanda itu adalah pemain penting dari tim Arsenal saat menyabet 'Invincibles' . Bersama Arsene Wenger, Dennis Bergkamp berhasil menjadi mesin assist bagi Arsenal.

Bersama The Gunners, Denis Bergkamp memenangkan tiga gelar Liga Inggris, dengan menciptakan banyak gol di kompetisi tersebut.

Bergabung Arsenal sejak 1995, Dennis Bergkamp kemudian menjadi tumpuan tim Arsenal yang apik. Dennis Bergkamp berhasil mengumpulkan lebih dari 10 assist, dalam satu musim Liga Inggris.

Tercatat, Dennis Bergkamp menyumbangkan 94 assist saat berlaga di Liga Inggris. Tak hanya itu, Bergkamp juga kerap mencetak gol indah dengan tekniknya yang sempurna.

Baca Juga: Tepis akan pindah, Juergen Klopp: Mohamed Salah happy di Liverpool

4. Frank Lampard - 102 assist

Frank Lampard salah satu raja assist di Liga Inggris

Legenda Chelsea, Frank Lampard adalah pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa. Sebuah prestasi yang mengesankan untuk seorang gelandang.

Lampard adalah satu dari hanya empat pemain yang menjadi raja assist di Liga Inggris. Tercatat Lampard telah menyumbang lebih dari 100 assist di Liga Inggris. Sebagian besar assist pemain Inggris itu dalam kompetisi datang sebagai pemain Stamford Bridge.

Dalam 10 musim Liga Inggris berturut-turut, Lampard mencetak 10 gol atau lebih yang mengesankan. Catatan terbaik terjadi pada musim 2009/2010 dengan 22 gol.

Selama periode ini, pemenang Liga Inggris tiga kali itu memberikan 87 assist dalam kompetisi itu. Lampard menghasilkan 16 assist terbaik dalam satu musim bersama Chelsea pada 2004/2005 dan 2009/2010.

Baca Juga: Arsenal vs Chelsea di Boxing Day Liga Inggris: Laga hidup mati Mikel Arteta

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru