5 Tips Agar Mobil Tidak Kelebihan Muatan dan Aman Saat Berkendara

Selasa, 09 Januari 2024 | 15:06 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Tips Agar Mobil Tidak Kelebihan Muatan dan Aman Saat Berkendara

ILUSTRASI. Mobil Kelebihan Muatan. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/tom.


Tips Agar Mobil Tidak Kelebihan Muatan - Mengangkut penumpang melebihi kapasitas mobil tidak disarankan. Pasalnya, kondisi tersebut dapat membahayakan diri sendiri, orang lain, maupun kendaraan yang dibawa.

Meski begitu, masih banyak masyarakat meremehkan faktor keselamatan dan merasa aman saat berada di kabin mobil. Padahal, kendaraan yang memuat barang atau penumpang dengan berat melebihi kapasitas maksimum sangat berbahaya dan bisa menyebabkan masalah serius.

Kinerja suspensi yang dipaksa melewati batas dapat menyebabkan setir tidak stabil dan membuat mobil terguling. Untuk itu, Benny Fajarai, Co-Founder Lifepal mengungkapkan hal-hal penting diperhatikan agar mobil tidak melebihi muatan, sehingga senantiasa aman saat berkendara.

Baca Juga: Truk Kelebihan Muatan (ODOL) Bikin Negara Rugi hingga Rp 43 Triliun

Tips agar mobil tidak kelebihan muatan 

Mobil kelebihan muatan

Dirangkum dari keterangan resmi Lifepal, berikut adalah tips agar mobil tidak kelebihan muatan sehingga aman saat berkendara: 

1. Pastikan tidak melebihi kapasitas maksimal angkut mobil

Setiap produsen mobil mengeluarkan angka maksimal kapasitas angkut kendaraan yang dimiliki. Agar selalu aman saat berkendara, maka pastikan Anda mengetahui kapasitas angkut maksimal kendaraan yang dimiliki.

Anda bisa mengetahuinya dari buku manual atau load index alias angka penunjuk beban maksimum yang dapat ditanggung ban mobil, jangan sampai melebihi aturan kapasitas angkut penumpang. 

Untuk itu, pastikan berat total penumpang hingga barang yang dibawa, serta hindari mengangkut kelebihan muatan yang akan merugikan.

Baca Juga: Apa Saja yang Ditanggung Asuransi Mobil All Risk?

2. Optimalkan pemakaian bagasi

Agar tidak kelebihan muatan, maka penting untuk Anda mengatur tata letak barang di bagasi mobil. Letakkan barang yang memiliki berat lebih besar di bagian tengah bagasi, sementara barang yang lebih ringan bisa diletakkan di sisi kanan dan kiri kendaraan.

Dengan pengaturan tersebut, maka Anda dapat membuat bobot mobil senantiasa seimbang. Selain itu, pastikan pula Anda telah mengunci posisi barang agar tidak bergerak, serta tidak menumpuk barang di atas sandaran jok belakang untuk menjaga visibilitas pengemudi.

3. Manfaatkan penyimpanan di kabin mobil

Pastikan Anda menyimpan makanan, minuman, dan mainan berukuran kecil dalam wadah. Anda juga dapat memanfaatkan rongga penyimpanan yang berada di pintu mobil, di balik sandaran bangku, konsol tengah, kolong bangku, hingga dashboard kendaraan.

Baca Juga: Jangan Lengah, Ini 5 Tips Pilih Ban Mobil untuk Kendaraanmu

4. Penambahan roof box di atap mobil

Salah satu langkah jitu yang bisa dilakukan jika Anda ingin memuat banyak barang di mobil dan membuat interior tetap lega adalah dengan roof box. Meski begitu, penting untuk Anda tetap memperhatikan batasan muatannya. 

Pastikan pula tinggi roof box tidak melebihi batas portal jalan atau gerbang tol, sehingga aman saat dibawa ke manapun.

5. Pastikan mobil memiliki proteksi terbaik

Langkah penting lainnya yang dapat Anda lakukan agar senantiasa aman dan nyaman saat berkendara adalah memastikan mobil telah dilindungi asuransi mobil. Seperti diketahui, asuransi mobil akan menanggung berbagai risiko yang terjadi pada kendaraan. 

Adapun asuransi mobil yang biasa ditawarkan di Indonesia terdiri dari dua, yaitu asuransi mobil All Risk atau biasa dikenal asuransi komprehensif dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Baca Juga: Pasang Asuransi untuk Mobil Bekas, Ketahui 5 Tips ini agar Dapatkan Manfaat Optimal

Menawarkan manfaat dan keuntungan berbeda-beda, asuransi mobil All Risk menanggung beragam risiko mulai dari kecelakaan, pencurian atau kehilangan, huru hara, hingga bencana alam seperti banjir dan gempa bumi.

Sedangkan asuransi TLO hanya akan menanggung jika kendaraan mengalami rusak parah atau tidak bisa digunakan.

Dengan kata lain, tanggungan kerugian yang diberikan hanya di atas 75 persen. Sehingga, proteksi ini hanya akan menanggung jika kendaraan mengalami mati total, hilang karena dicuri, dan lainnya.

Demikian penjelasan dan tips agar mobil tidak kelebihan muatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru