5 Tips cepat dapat kerja dan efektif bagi para fresh graduate

Minggu, 12 Desember 2021 | 17:50 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Tips cepat dapat kerja dan efektif bagi para fresh graduate

ILUSTRASI. Ilustrasi bekerja di luar kantor


KONTAN.CO.ID - Bagaimana caranya bisa cepat mendapatkan pekerjaan? Mencari kerja itu susah-susah gampang. Apalagi para Fresh Graduated atau lulusan baru biasanya bingung soal menentukan pekerjaan.

Banyak faktor yang mempengaruhi anda bila ingin cepat dapat kerja. Salah satu faktor utamanya adalah diri anda sendiri. 

Umumnya para fresh graduate masih dilanda rasa malas dibandingkan berusaha. Hal tersebutlah yang harus dihindari jika ingin cepat dapat kerja. 

Baca Juga: 8 Rekomendasi raket badminton murah cocok bagi pemula, smash bisa mematikan!

Namun, untuk merealisasikan hal tersebut anda harus setidaknya menjalani tips cara dapat kerja dengan cepat dan efektif bagi para fresh graduate yang kesulitan cari kerja: 

1. Kembangkan potensi diri sendiri
Pengembangan potensi merupakan salah satu tips cepat dapat kerja. Anda harus paham apa yang menjadi kelebihan dalam diri anda. 

Kenapa hal ini penting? Pasalnya di dunia pekerjaan kelebihan anda yang akan banyak dicari oleh para perekrut kerja. 

Bagaimana cara mengetahui potensinya? Banyak cara yang bisa dilakukan dan itu hanya diri anda sendiri yang tahu. Namun, umumnya hal yang anda sukai merupakan potensi sangat bisa dikembangkan. 

Baca Juga: Bakmi terenak di Bandung, ini 5 rekomendasinya yang wajib dicoba

2. Mulai membangun CV dan Portofolio yang baik
Tips cara cepat dapat kerja selanjutnya adalah mulai bangun Curirriculum Vitae (CV) dan Portofolio secepatnya. Pasalnya pengalaman adalah satu hal penting faktor kamu diterima kerja di perusahaan atau instansi. 

Selain menjadi faktor anda bisa diterima kerja, anda juga bisa melihat kualitas diri sendiri melalui CV. Selain itu anda juga bisa mengembangkan potensi diri anda setelah melihat portofolio pekerjaan apa saja yang telah dikerjakan. 

Baiknya anda membangun CV sedari kuliah agar CV kalian baik dan variatif. Mulailah aktif di organisasi kampus atau ikuti banyak program magang di perusahaan. 

Jika CV anda sudah baik tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu sebelum lulus kuliah. 

Lalu untuk yang sudah lulus bagaimana? Tenang tidak ada kata terlambat. Lakukanlah hal serupa dengan usaha dan jangan bermalas-malasan. 

Baca Juga: 5 Tempat staycation termurah di Bandung, cocok banget untuk liburan nataru

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru