5 Tips parenting anak dari Bill Gates agar anak tumbuh menjadi pribadi yang sukses

Senin, 23 November 2020 | 08:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Tips parenting anak dari Bill Gates agar anak tumbuh menjadi pribadi yang sukses

ILUSTRASI. 5 Tips parenting anak dari Bill Gates agar anak tumbuh menjadi pribadi yang sukses. REUTERS/Shannon Stapleton


BILL GATES -  Selain sukses dalam berbisnis, Bill Gates juga dikenal sukses dalam mendidik anak. Tidak heran banyak orangtua yang ingin tahu tips parenting anak ala Bill Gates.

Cara mendidik anak yang diterapkan Bill Gates pada ketiga anaknya patut diacungi jempol. Ketiga anak Gates tumbuh menjadi pribadi yang dermawan dan sederhana. 

Selain sikap mereka yang baik, kepintaran ketiga anak Bill Gates juga mumpuni. Parenting anak yang diterapkan Bill Gates bisa diaplikasikan pada anak usia dini hingga remaja.

Anda mungkin juga ingin buah hati Anda seperti anak-anak Bill Gates. Dengan kiat-kiat dari Bill Gates dalam mendidik anak, buah hati bisa tumbuh dengan baik.

Simak tips parenting anak ala Bill Gates yang dirangkum KONTAN.co.id dari CNBC dan Bussiness Insider.

  • Berikan contoh nyata

Tips parenting anak yang pertama adalah memberi contoh. Bill Gates menekankan pentingnya memberi contoh bagi anak. Memberikan banyak contoh baik akan membuat anak meniru kebiasaan orang tua. 

Bill Gates selalu memberikan contoh kepada buah hati seperti membaca buku. Hasilnya, anak-anak Gates mengikuti kebiasaan sang ayah. 

Memberikan nasihat tanpa memberikan contoh yang nyata akan susah diterima anak. Mereka lebih cepat mencerna perilaku dibandingkan kalimat. 

Baca Juga: 5 Tips melatih kemampuan manajemen waktu yang penting bagi pelajar

  • Menjaga emosi

Menjaga emosi merupakan salah satu aspek dari "Love and Logic" model parenting anak. Model ini dikembangkan oleh tiga orang dari beragam latar belakang. 

Bill Gates mengadopsi cara mendidik anak ini dan menerapkan pada anak-anak mereka. Sistem ini menekankan jika kontrol emosi orang tua penting dalam perkembangan anak.

Membentak dan memarahi secara berlebihan justru bukan parenting yang baik untuk anak. 

Ganti metode tersebut dengan memberikan pujian dan apresiasi agar anak semakin bersemangat.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru