5 Website Kursus Online Ini Bisa Jadi Pilihan Ikut Pelatihan, Bisa Ikut Gratis!

Kamis, 22 September 2022 | 16:16 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Website Kursus Online Ini Bisa Jadi Pilihan Ikut Pelatihan, Bisa Ikut Gratis!

ILUSTRASI. 5 Website Kursus Online Ini Bisa Jadi Pilihan Ikut Pelatihan, Bisa Ikut Gratis!


KONTAN.CO.ID - Ada banyak website yang menyediakan kursus atau pelatihan gratis secara online yang pas diikuti oleh pekerja maupun masyarakat umum.

Selain pelatihan, beberapa website juga menawarkan sertifikat yang bisa diunduh setelah peserta mengikuti pelatihan online

Daftar Isi

Ada situs yang menyediakan pelatihan online secara gratis namun ada juga situs yang mengenakan sejumlah biaya kepada peserta jika ingin mengikuti pelatihan atau download sertifikat. 

Berikut ini rangkuman dari Instagram @diktivokasi tentang beberapa situs penyedia pelatihan online yang bisa Anda ikuti:

Baca Juga: 3 Makanan dan Minuman Ini Bisa Ganggu Kesehatan Ginjal yang Wajib Anda Hindari

  • IndonesiaX

Situs ini menyediakan berbagai kursus dari universitas dan organisasi spesialis terkemuka. Anda bisa menemukan pelatihan dari Bursa Efek Indonesia, Universitas Indonesia, dan berbagai organisasi lainnya di situs ini. 

Terdapat beberapa kategori kursus yang bisa diikuti oleh masyarakat secara gratis di IndonesiaX. Jika Anda ingin mendapatkan sertifikat pelatihan khusus, Anda perlu membayar sesuai dengan ketentuan kursus. 

  • Coursera

Selain IndonesiaX, Anda bisa mendapatkan berbagai pelatihan menarik dengan mengunjungi Coursera. 

Situs pelatihan online asal Amerika ini menyediakan berbagai kursus mulai dari analisis data, matematika, bisnis, hingga pelatihan bahasa. 

Ada berbagai pelatihan yang bisa diikuti secara gratis di Coursera. Namun, jika ingin mendapatkan sertifikat, Anda perlu membayar terlebih dahulu. 

  • Hacktiv8

Situs selanjutnya yang menyediakan berbagai pelatihan online adalah Hacktive8. Lembaga kursus online asal Indonesia ini menyediakan berbagai pelatihan di bidang digital.

Ada pelatihan menarik mulai dari programmer, data scientist, web developer, dan lain-lain. Haktiv8 memiliki beberapa program yang bisa Anda ikuti yaitu Full Time Program dan Professional Development. 

  • Shift Academy

Selain Hacktiv8, Anda juga bisa mendapatkan pelatihan bidang digital di Shift Academy. Platform edukasi ini menyediakan pelatihan bidang digital mulai dari data science, digital marketing, hingga full stack developer

Terdapat empat jenis kelas online yang tersedia di Shoft Academy: Bootcamp, Mastering, Shift Academy Talsk, dan Shift Podcast. 

Baca Juga: Faktor Risiko Munculnya Jantung Koroner & Cara Mencegahnya, Jangan Diabaikan

  • EdX

Anda membutuhkan pelatihan berbayar yang memberikan sertifikat? Anda bisa mencoba pelatihan di situs edX. 

Ini merupakan website pelatihan online berbayar dimana Anda bisa mendapatkan materi dari sumber terbaik seperti Harvard dan MIT. 

Anda bisa mengikuti pelatihan intensif di edX selama 3 bulan dengan waktu belajar 2 jam tiap harinya. 

Selain pelatihan, peserta juga akan mendapatkan tugas dan tes yang berkaitan dengan materi pelatihan. 

  • Alison

Situs selanjutnya yang menyediakan pelatihan online gratis adalah Alison. Laman ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar materi.

Anda bisa memilih jenis pelatihan Diploma Courses atau Certificate Courses yang tersedia di situs ini. 

Diploma Courses berisikan materi yang luas mengenai sebuah subjek. Sedangkan Certificate Courses fokus pada pembelajaran suatu topik khusus secara rinci. 

Meskipun Anda bisa mengikuti pelatihan secara gratis, jika ingin mendapatkan sertifikat Anda tetap harus membayar. 

Demikian daftar beberapa situs penyedia layanan pelatihan online. Dengan mengikuti pelatihan sesuai dengan bidang yang Anda inginkan, keahlian Anda bisa meningkat dan membantu pekerjaan maupun pendidikan.

Selanjutnya: Sri Mulyani Sebut Kenaikan Suku Bunga The Fed Perlu Diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru