5 Website Membuat CV Online, Banyak Pilihan Template yang Pas Buat Pencari Kerja

Sabtu, 10 September 2022 | 15:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Website Membuat CV Online, Banyak Pilihan Template yang Pas Buat Pencari Kerja


KONTAN.CO.ID -  Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup yang menarik bisa menambah penilaian pencari kerja. 

CV merupakan dokumen penting yang memuat ringkasan informasi data diri hingga pencapaian yang sudah Anda raih serta pengalaman kerja atau organisasi. 

Daftar Isi

Bersumber dari situs Batam Tourism Polytechnic (BTP), dokumen ini menjadi representasi atau gambaran siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan apa saja keahlian ANda 

Artinya, dokumen ini akan menentukan bagaimana kesan pertama orang lain atau bagian personalia, bahkan sebelum mereka bertemu langsung dengan pelamar kerja.

Baca Juga: Survei Lingkungan Belajar AN 2022 Dibuka Lagi, Simak Tanggal dan Cara Pengisiannya

Karenanya, pelamar perlu memperhatikan konteks dan konten yang tercantum di dalamnya, termasuk aspek estetika. Salah satunya ialah melalui tampilan desain yang eye-catching.

Berikut ini beberapa rekomendasi situs yang bisa digunakan untuk membuat CV online dari Batam Tourism Polytechnic.

Canva

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan situs Canva. Platform desain grafis asal Australia ini sudah cukup terkenal dan umum digunakan untuk pembuatan beragam dokumen kreatif. 

Tidak heran, Canva memang menyediakan beragam template desain untuk berbagai kebutuhan. Misalnya saja, konten media sosial, brosur, presentasi, hingga CV dan portofolio.

Uniknya, pembuatan CV di Canva ini tidak terbatas pada template yang ada. Anda bisa menggali kreativitas melalui elemen grafis dan fitur yang tersedia. 

Jadi, meskipun menggunakan template, pengunjung tetap dapat menghasilkan customized CV sesuai selera.

Canva sendiri dapat diakses melalui situs web dan aplikasi, sehingga dapat memudahkan penggunanya untuk mengakses melalui jenis gadget.

Visual CV

Jika Anda ingin membuat CV sederhana dan ringkas, Visual CV bisa menjadi pilihan. Situs satu ini menyediakan sejumlah template dan pilihan desain untuk CV. 

Secara umum, Visual CV hanya menyediakan template dasar dimana Anda bisa menambahkan atau mengubah bagian yang ada sesuai kebutuhan Anda.

Tidak hanya itu, template juga telah dikategorikan berdasarkan bidang pekerjaan yang spesifik. Jadi, pelamar bisa memilih template yang relevan dengan prospek karier di masa depan.

Penggunaan Visual CV sendiri tergolong mudah karena tidak tersedia banyak editing tools. Template yang disediakan pun tergolong sederhana, namun akan sangat cocok bagi Anda yang suka dengan tampilan CV minimalis.

Baca Juga: Persiapkan dari Sekarang, Ini Latihan dan Contoh Soal AKM Jenjang SD Tahun 2022

Kick Resume

Website untuk membuat CV selanjutnya adalah Kick Resume. Situs ini menyediakan template CV dengan desain yang formal dan minimalis. 

Meski begitu, template yang ada juga turut menyertakan elemen dan warna yang tampilan lebih dinamis. 

Kick Resume juga turut menyusun template CV-nya berdasarkan kategori yang spesifik. Misalnya saja, kategori Hospitality, Business, dan Food Production. 

Anda bisa memilih template yang paling relevan dengan jenjang karier setelah lulus nanti. Uniknya lagi, Anda pun dapat menemukan kategori Student dengan berbagai subkategori, seperti Intern dan University Student. 

Jadi jika Anda ingin membuat CV untuk magang atau kepanitiaan, Anda bisa menemukan inspirasi CV di situs Kick Resume.

Resume Genius

Jika Anda memiliki waktu terbatas dan harus segera mengirimkan CV? Resume Genius bisa jadi solusi yang cocok. 

Resume Genius merupakan situs desain CV yang dapat digunakan dengan mudah dan sederhana.

Untuk membuat CV, Anda hanya perlu menjawab sejumlah pertanyaan terkait pendidikan dan pengalaman. Setelahnya, situs ini secara otomatis akan menambahkan informasi tersebut ke dalam CV Anda. 

ConnectCV

Rekomendasi situs membuat CV yang terakhir adalah ConnectCV. Seperti situs desain lainnya, ConnectCV juga turut mengkategorikan template sesuai bidang pekerjaaan. 

Bagi mahasiswa pariwisata misalnya, Anda dapat memilih kategori Hospitality and Tourism. Setelahnya, Anda akan menemukan daftar panjang sub kategori, seperti chef, cook, hotel front office, housekeeping, hotel manager, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru