50 CEO Terbaik Pilihan Karyawan Versi The Iconomics Research

Senin, 11 April 2022 | 15:33 WIB   Reporter: Noverius Laoli
50 CEO Terbaik Pilihan Karyawan Versi The Iconomics Research

ILUSTRASI. Kriteria CEO Unggul. 50 CEO Terbaik Pilihan Karyawan Versi The Iconomics Research.


CEO -  JAKARTA. The Iconomics Research merilis 50 Indonesia Best CEO 2022 pada Senin (11/04/2022). Studi ini merupakan studi tahun ketiga yang dimulai sejak tahun 2020. Studi yang dilakukan setiap tahun ini melibatkan karyawan sebagai responden.

Secara umum, studi ini menggali pandangan dari para karyawan. Karyawan akan diajak untuk melihat chief executive officer (CEO) atau pemimpin memanfaatkan berbagai sumber daya dan mengatasi kelemahan yang ada, menunjukkan agility, creativity dan endurance dari institusi tersebut.

Para pemimpin perusahaan dalam hal ini CEO harus menunjukkan karakternya sebagai insan yang tidak mudah menyerah dan bertindak sebagai sumber inspirasi dan kekuatan organisasi.

Dalam studi The Iconomics Research ini akan melihat sejauh mana staf memberikan apresiasi terhadap upaya yang pimpinan lakukan dalam situasi yang umum maupun dalam situasi yang khusus seperti krisis pandemi Covid-19 yang dialami saat ini.

Baca Juga: Elon Musk Memutuskan Tak Akan Bergabung dengan Dewan Twitter

“Penilaian dilakukan melalui survei terhadap ribuan staf/karyawan berbagai industri dan kategori, dengan total responden mendekati 8.000 (kumulatif) pada awal Januari 2022 sampai dengan awal Maret 2022" kata Founder & CEO The Iconomics Bram S. Putro dalam siaran pers, Senin (11/4).

Ia mengatakan penilaian dilakukan melalui kuesioner online dan tanpa melakukan kuota geografis maupun jenjang jabatan. Menurutnya, responden diminta melakukan penilaian terhadap CEO institusinya dan diperkenankan melakukan penilaian terhadap CEO institusi lain dalam kategori industri/kegiatan yang sejenis.

“Dengan mempertimbangkan efisiensi eksekusi, maka hanya 200+ CEO/institusi yang diikutsertakan ke dalam survei. Pemilihan kandidat subjek riset (CEO dan institusinya) berdasarkan pilihan redaksi The Iconomics dan atau permintaan dari institusi terkait, dimana The Iconomics sebelumnya telah melakukan korespondensi,” kata CEO The Iconomics.

Dalam studi ini, ada 4 paramater yang menjadi indikator penilaian kepada para CEO. Parameter tersebut meliputi Popularity, Competency, Crisis Leadership dan Personality.

Baca Juga: Menganut Altruisme, Miliarder Muda Ini Cuma Gunakan 1% Kekayaan untuk Dirinya Sendiri

Masing-masing parameter ini melihat tingkat popularitas atau keterkenalan dari CEO/direktur utama/presiden direktur; kompetensi, pemahaman terhadap masalah, strategi dan visi dari CEO/direktur utama/presiden direktur; kemampuan mengelola saat menghadapi krisis, termasuk krisis kesehatan Covid-19; serta melihat sisi pribadinya dengan nilai-nilai positif yang berlaku umum di masyarakat seperti kejujuran, kepedulian, dan tanggung jawab.

Studi ini menghasilkan 50 CEO/dirut/presdir yang merupakan pemimpin perusahaan yang memperoleh nilai tertinggi di kategori sub industrinya.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru