6 Alasan kucing suka masuk ke dalam kardus, bukan hanya untuk tempat sembunyi

Kamis, 21 Januari 2021 | 11:38 WIB   Penulis: Mega Putri
6 Alasan kucing suka masuk ke dalam kardus, bukan hanya untuk tempat sembunyi

Beberapa alasan kenapa kucing senang masuk dan bersembunyi di kardus atau kotak.

KONTAN.CO.ID - Sering melihat kucing lucu Anda bersembunyi di kotak maupun kardus? Ada alasan kenapa banyak kucing yang sangat senang masuk ke dalam kardus. 

Bagi pecinta kucing, melihat hewan peliharaan ini tiba-tiba bersembunyi di dalam kardus adalah hal yang tidak asing lagi. Kucing bahkan akan masuk ke kotak baru yang bukan miliknya. 

Selain itu, kucing terlihat nyaman meski masuk di kardus atau sebuah tempat yang lebih kecil dari ukuran badannya. Kenapa? Inilah beberapa alasannya. 

Tempat istirahat

Alasan yang paling mudah diketahui adalah kucing suka masuk kardus atau kotak untuk beristirahat. Kucing peliharaan di rumah akan sering menghabiskan waktunya untuk tidur. Kardus akan menjadi tempat yang nyaman. 

Baca Juga: Kenapa kucing mendadak mengeong dengan keras? 5 hal ini mungkin menjadi penyebabnya

Kucing

Tempat bersembunyi

Menurut situs Purina, kucing senang bersembunyi di kardus agar leluasa diam-diam mengamati suasana sekitarnya. Bersembunyi di dalam kardus akan membuat kucing tenang dan tidak stres.

Kardus menjadi tempat aman untuk menghindari lawan sehingga tidak bisa diserang dari arah belakang maupun samping. Ini menjadi salah satu alasan kenapa kucing senang bersembunyi dan masuk ke kardus.

Baca Juga: The Uncanny Counter drama Korea terpopuler minggu kedua Januari, kalahkan True Beauty

Sikap anti sosial

Situs Wired.com mengungkapkan, kucing tidak memiliki naluri untuk mengembangkan penyelesaikan konflik. Kucing akan lebih suka mengamati dari tempat bersembunyi dan lari menghindari konflik atau orang lain. 

Ini berdasarkan buku The Domestic Cat: The Biology of its Behaviour. Inilah salah satu alasan kenapa kucing senang masuk dan bersembunyi di kardus atau kotak.

Editor: Mega Putri
Terbaru