6 Hal Ini Perlu Disiapkan saat Awal Puasa Ramadan 2023, Cek Apa Saja

Rabu, 22 Maret 2023 | 13:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
6 Hal Ini Perlu Disiapkan saat Awal Puasa Ramadan 2023, Cek Apa Saja


IBADAN PUASA -  Sebentar lagi umat Muslim di seluruh dunia akan melaksanakan Puasa Ramadan 1444 Hijriah tinggal menghitung hari. 

Di bulan penuh ampunan ini, banyak peluang mendapat pahala yang bisa di lipat gandakan hanya di bulan Ramadan.

Untuk meraih pahala selama bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan. Lalu apa saja yang perlu umat muslim siapkan untuk persiapan menjelang awal bulan Ramadan.

Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, M Febriyanto Firman Wijaya membagikan beberapa tips yang perlu disiapkan saat puasa hari pertama di bulan Ramadan.

Baca Juga: Cara Konsumsi Kurma yang Aman untuk Penderita Diabetes

Berbagai persiapan puasa pertama Ramadan

Menurut Riyan ada enam hal yang perlu disiapkan umat Muslim untuk menyambut puasa pertama di bulan Ramadan, diantaranya:

1. Memantapkan niat puasa

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh nikmat dan berkah oleh karena itu perlu memantapkan niat agar menjalankan puasa dengan ikhlas, karena puasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang diwajibkan. 

“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa…” (HR. Ahmad)

2. Mengatur pola tidur

Meski akan mengubah kebiasaan di bulan-bulan sebelumnya, pastikan seseorang memiliki waktu tidur yang cukup selama bulan Ramadhan. 

Setidaknya 8 jam tidur saat malam hari akan membantu tubuh dalam mengatur hormon yang akan membuat lebih mudah menjalani puasa.

“Sempatkan tidur siang, hal ini menjadi salah satu yang membantu dalam menjaga stabilitas diri di tengah kesibukan bekerja saat puasa. Oleh karena itu dengan pola tidur yang baik akan membantu diri  bangun tepat waktu saat sahur,”kata Riyan, dikutip dari situs UM Surabaya.

3. Mengontrol waktu dan menu makanan

Untuk bisa bertahan di hari pertama puasa salah satunya juga mengontrol makan di hari sebelumnya, kurangi makanan cepat saji atau makanan olahan.

Sebab, energi di dalam makanan cepat saji hanya ada dalam waktu singkat, dampaknya seseorang akan cepat merasa lesu.

“Untuk minuman jauhilah yang mengandung kafein, soda dan teh. Karena dari kandungan minuman itu tubuh akan mudah mengalami dehidrasi,”Imbuh Riyan lagi.

Baca Juga: Besok (23/3) Puasa Ramadhan, Simak Cara Aman Puasa Untuk Penderita Asam Lambung

4. Perbanyak makanan dan minuman yang bergizi tinggi dan memiliki kandungan zat baik yang cukup

salah satu makanan yang baik dan di anjurkan Nabi Muhammad SAW adalah kurma. Hal ini seperti hadits yang di riwayatkan oleh Abu Dawud yaitu,

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). (HR Abu Dawud).

5. Membuat jadwal kegiatan harian

Salah satu cara terbaik dan tepat dalam melewati puasa adalah menyibukkan diri dengan mengalihkan perhatian dan pikiran dari rasa lapar.

Mengalihkan perhatian bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan ringan yang terjadwal selain pekerjaan wajib.

“Seperti contoh mengikuti kajian keagamaan di Youtube, bersilaturrahmi dengan teman, dan kegiatan lainnya,” jelas Riyan.

6. memperbanyak amalan sunnah

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh hikmah dan pahala. Maka siapkan diri untuk memperbanyak amalan sunnah, seperti perbanyak mengaji, bersedekah, perbanyak berdoa, mengurangi perkataan kasar dan rutinkan qiyamul ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru