6 Jenis dan Harga Kucing Persia Serta Ciri Khasnya

Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:30 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
6 Jenis dan Harga Kucing Persia Serta Ciri Khasnya

ILUSTRASI. Jenis kucing persia dan harga kucing persia.


KONTAN.CO.ID - Kucing persia adalah salah satu jenis kucing yang paling populer di kalangan pecinta hewan di Indonesia. Jenis kucing persia di dunia sebenarnya cukup banyak dan harga kucing persia pun bervariasi.

Dikutip dari laman Petmd, kucing persia adalah kucing peliharaan yang populer sejak ribuan tahun lalu. Kucing ini dicatat dalam aksara hieroglif yang ditulis pada tahun 1684 sebelum masehi.

Daftar Isi

Sesuai namanya, kucing ini berasal Mesopotamia, kawasan yang kini masuk dalam wilayah Irak dan Iran. Selain memiliki bulu panjang nan lembut, ciri fisik kucing persia adalah tubuh yang cenderung bulat, pendek, wajah mulus menggemaskan dengan hidung pesek, mata besar, dan daun telinga kecil.

Sementara dari sisi karakter, kucing persia relatif tenang dan tidak terlalu aktif. Mereka juga cenderung mudah lelah sehingga banyak menghabiskan waktunya dengan berdiam diri.

Baca Juga: Tak Kalah Menggemaskan, Ini Dia Ras Kucing dengan Bulu Pendek

Jenis kucing persia dan harga kucing Persia

Persia Himalaya

Dirangkum dari laman Persian Cat Corner dan Gramedia , berikut adalah jenis kucing persia dan harga kucing persia yang umum di Indonesia:

1. Kucing persia doll-face

Kucing persia doll -face juga dikenal sebagai kucing persia kuno sebab jenis kucing persia ini diyakini sebagai kucing persia asli. Kucing persia doll-face adalah kucing persia generasi pertama dan memiliki hidung yang mancung.

Berbeda dengan jenis kucing persia yang ada saat ini dengan fitur hidung pesek. Pada saat dulu, kucing persia jenis ini sangat mirip dengan kucing turkish angora, sehingga sedikit sulit untuk membedakannya.

2. Kucing persia medium 

Kucing persia medium adalah jenis kucing persia yang memiliki hidung setengah pesek, alias tidak mancung juga tidak terlalu pesek. Kucing persia medium lebih banyak ditemukan di negara-negara Asia seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Sebab, kucing persia medium adalah hasil perkawinan antara kucing persia asli dengan kucing lokal. Kucing persia medium terbagi jadi dua jenis, yakni short hair dan long hair.

Ciri yang dimiliki jenis kucing persia medium adalah bulu yang panjang dan lebat, kaki yang lebih panjang dan besar, dan telinga lebar dengan jarak antara keduanya cukup berjauhan. 

Bentuk muka jenis kucing persia medium lebih runcing dan tidak terlalu rata dibandingkan dengan jenis Kucing persia lainnya. Harga kucing persia medium dari usia 1 bulan sampai 6 bulan mulai Rp 500.000 sampai Rp 2 juta. 

Baca Juga: Dikenal Banyak Tingkah, Simak 5 Fakta Unik Seputar Kucing Oren!

3. Kucing persia peaknose 

Kucing persia peaknose adalah salah satu jenis kucing persia yang memiliki karakteristik mencolok, yakni bentuk hidungnya yang paling pesek dibandingkan dengan jenis kucing persia lainnya.

Hal ini membuat harga kucing persia peaknose lebih mahal dibandingkan harga kucing persia lainnya. Kucing persia peaknose juga populer menjadi hewan peliharaan di dunia. Kucing jenis ini pertama kali ditemukan di Iran. 

Selain bentuk hidungnya, ciri lain yang dimiliki Kucing Persia Peaknose adalah bentuk wajahnya yang tampak cemberut. Kucing persia peaknose memiliki dua macam jenis, yakni kucing persia peaknose biasa dan kucing persia peaknose extreme. 

Perbedaan antara keduanya terletak pada bentuk hidungnya saja. Semakin pesek bentuk hidung si kucing maka jenis kucing persia tersebut adalah kucing persia peaknose extreme. Harga kucing persia peaknose dari usia 1 bulan sampai 6 bulan mulai Rp 6 juta sampai Rp 13 juta. 

Baca Juga: Mencari Ras Kucing yang Cocok untuk Lansia? Ini Rekomendasinya!

Kucing persia

4. Kucing persia flatnose

Sekilas jenis kucing persia flatnose sangat mirip dengan jenis kucing persia peaknose. Namun, kucing persia flatnose memiliki ciri khusus seperti bentuk wajahnya yang lebih kotak dengan matanya yang bulat, kaki yang lebih pendek, dan telinga kecil hampir tidak terlihat karena tertutup bulunya yang tebal.

Kucing persia flatnose memiliki beberapa jenis seperti flatnose putih dan abu-abu, flatnose bulu kapas, dan flatnose long hair. Untuk jenis kucing persia flatnose long hair bisa memiliki bulu lebih panjang dari 13 sampai 15 cm.

Harga kucing persia flatnose dari usia 1 bulan sampai 6 bulan berada mulai Rp 5 juta sampai 12 juta. 

Baca Juga: Tak Banyak Tingkah, 5 Ras Kucing Pemalas Ini Cocok Dipelihara di Rumah!

5. Kucing persia himalaya

Jenis kucing persia himalaya adalah keturunan dari jenis kucing persia dengan kucing siam. Persia himalaya sudah diketahui sejak tahun 1950 di Eropa. 

Kucing persia himalaya memiliki ciri khas yang mirip dengan kucing siam dengan bulu yang lebih panjang dan lebat. Selain itu, ciri khas kucing persia himalaya adalah motif poin pada mata birunya, kaki pendek dengan telapak kaki yang lebar, bentuk wajah gemuk, dan bulu leher yang tebal. 

Harga kucing persia himalaya sekitar Rp 3 juta hingga Rp 8 juta. Ini bergantung dengan usia dan vaksinasi yang telah didapatkan.

Baca Juga: Bisa Jadi Teman Main, Ini Ras Kucing yang Cocok untuk Anak-Anak

6. Kucing persia exotic shorthair 

Jenis kucing persia exotic shorthair menunjukkan karakteristik Persia yang paling khas. Mereka memiliki wajah datar dan mata besar. 

Jenis kucing persia eksotis short hair adalah hasil persilangan antara kucing persia asli dengan kucing amerika. Tokoh kartun kucing si Garfield adalah jenis kucing persia eksotis short hair.

Harga kucing persia eksotis short hair dari usia 1 bulan sampai 6 bulan mulai Rp 800 ribu hingga Rp 10 juta.

Baca Juga: 6 Ras Kucing Berbulu Putih, Cantik dan Elegan!

Warna bulu kucing persia 

Kucing Persia

The Cat Fancier’s Association membagi warna bulu kucing persia menjadi 7 sesuai dengan ciri fisiknya yakni:

1. Kucing persia bulu lebat satu warna

Kucing ini memiliki satu warna yakni bulunya menyerupai mantel dengan pola polos bisa hitam, putih, perak, dan cokelat.

2. Perak dan emas

Varietas ini menyerupai mantel yang disebut "tipping yang di ujungnya. Cirinya bulu berwarna putih di seluruh tubuh dan warna gelap halus di ujungnya. 

Baca Juga: Tak Banyak Tingkah, 5 Ras Kucing Pemalas Ini Cocok Dipelihara di Rumah!

3. Asap dan bayangan

Persia berbayang memiliki lapisan bawah putih dan mantel berwarna halus. Mantel dapat memiliki warna emas atau merah. Kucing ini memiliki mantel yang lebih gelap. Mantel mereka bisa berwarna hitam, coklat, atau biru. 

Dalam beberapa kasus, warna gelap tampak seperti seluruh warna bulu. Tetapi ketika kucing-kucing ini berjalan, Anda dapat melihat bulu bawah putih mereka.

4. Tabby

Kucing persia tabby selanjutnya dikategorikan ke dalam varietas klasik. Jenis kucing persia ini memiliki tanda bulu yang mencolok. Mereka hampir menyerupai tanda yang biasanya dikaitkan dengan kucing liar.

Kucing persia tabby juga dikenal karena kepribadian mereka yang ramah. Kucing ini lebih suka bermain dan aktif daripada varietas persia lainnya.

Baca Juga: Fakta Menarik Seputar Kucing Berbulu Hitam

Kucing Persia

5. Warna-warni

Persia ini sering disebut sebagai persia kulit penyu. Bulu mantel mereka terdiri dari beberapa warna. Dan, warna mereka biasanya lebih gelap dari kucing persia tabby.

6. Dua warna

Alih-alih beberapa warna yang terlihat di kucing persia, varian bicolor hanya memiliki dua pola warna. Ini bisa berwarna putih, coklat, merah, biru, atau hitam.

7. Himalaya

Himalaya adalah jenis kucing persia yang paling dikenal. Varietas himalaya pertama kali dikembangkan ketika seorang peternak menyilangkan persia dan siam. 

Kucing ini dikenal memiliki warna siam dan ciri khas persia. Semua kucing himalaya memiliki mata biru yang tajam. Jenis kucibg persia himalaya dapat memiliki wajah datar atau bulat. 

Demikian penjelasan mengenai jenis kucing persia dan harga kucing persia yang biasanya ada di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru