6 Jurusan yang dibutuhkan di masa depan, banyak peluang karirnya!

Kamis, 10 September 2020 | 11:23 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
6 Jurusan yang dibutuhkan di masa depan, banyak peluang karirnya!

ILUSTRASI. 6 Jurusan yang dibutuhkan di masa depan, banyak peluang karirnya!. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc/17.


EDUKASI -  Saat memilih jurusan kuliah, tentu Anda mencari jurusan yang mudah mendapat pekerjaan. Yang terpenting tentunya jurusan yang dibutuhkan di masa depan.  Jurusan tersebut memiliki prospek karir yang bagus dengan gaji yang cukup menjanjikan juga.

Seiring berjalannya waktu, ada beberapa jurusan kuliah yang akan sulit mendapat pekerjaan. Tapi ada juga jurusan yang memiliki prospek kerja yang baik dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan oleh perkembangan pasar yang berubah. 

Karenanya memilih jurusan kuliah juga perlu banyak pertimbangan. Anda perlu melihat prospek kerja jurusan kuliah Anda ke depannya. Apakah jurusan Anda akan banyak dibutuhkan di masa depan atau tidak.

Meskipun jurusan penting, tapi tetap tidak 100% karir seseorang ditentukan oleh jurusan kuliah. Selain memilih jurusan, soft skill juga menentukan seseorang mudah saat mencari pekerjaan. 

Apa saja jurusan yang diminati di masa mendatang? Simak daftar jurusan yang dibutuhkan di masa depan di bawah ini. Daftar ini dirangkum KONTAN.co.id dari CNBC dan Indeed.

  • Ilmu komputer dan teknik komputer

Semakin berkembangnya teknologi terutama komputer, perusahaan banyak membutuhkan tenaga IT. Hal tersebut membuat dua jurusan ini menjadi jurusan yang dibutuhkan di masa depan. 

Berkembangnya teknologi membuat perusahaan berlomba memperbaiki layanan elektroniknya. Banyak perusahaan yang meluncurkan website hingga aplikasi untuk mempermudah layanan konsumen. 

Untuk membuat dan memlihara website dan aplikasi perlu tenaga ahli di bidangnya. Banyaknya komponen dalam website dan aplikasi membuat lulusan IT banyak dicari.

Lowongan untuk posisi seperti web developer dan iOS/Android developer ditujukan untuk lulusan ilmu komputer dan teknik komputer. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru