6 Manfaat Mengkonsumsi Madu Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Jumat, 06 Mei 2022 | 11:20 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Manfaat Mengkonsumsi Madu Untuk Kesehatan, Apa Saja?

ILUSTRASI. Manfaat mengkonsumsi madu untuk kesehatan.


KESEHATAN -Jakarta. Madu adalah pemanis alami yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Mengkonsumsi madu secara rutin juga dapat mencegah radikal bebas yang sehingga terhindari berbagai penyakit berhaya.

Selain itu, madu juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga mengkonsumsi madu adalah cara yang bisa Anda coba agar kebutuhan nutrisi harian dapat tercukupi.

Melansir dari Crimson, ada beberapa manfaat mengkonsumsi madu untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: SSSTikTok: Download Video TikTok Tanpa Watermark Gratis Cuma Modal Link

Mengandung Banyak Nutrisi 

Madu murni asli mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Contohnya seperti gula alami, fitonutrien, mineral, enzim, dan vitamin dan juga mengandung beberapa sifat antibiotik dan antiseptik yang bermanfaat bagi tubuh kita. 

Menjaga Cairan dalam Tubuh

Minum air madu saat perut kosong setelah seharian beraktivitas juga bermanfaat untuk  membantu hidrasi atau menjaga cairan tubuh, mengembalikan nutrisi penting serta membantu merasa berenergi setelah seharian menghabiskan tenaga.

Memberikan Energi 

Mengkonsumsi madu juga bermanfaat untuk dapat menambah energi. Pasalnya, Glukosa dalam madu alami diserap lebih cepat daripada gula lainnya dan dengan demikian memberikan dorongan energi yang cepat.

Baik untuk Kesehatan Hati

Selain menambah energi, mengkonsumsi madu juga baik untuk kesehatan hati. Hati melakukan sebagian besar perbaikan metabolisme di malam hari dan hati yang terkuras akan kehabisan glikogen di beberapa titik di malam hari dan mungkin mulai memproduksi hormon stres, membuat Anda bangun dengan lelah, jadi disarankan untuk mengonsumsi sesendok madu supaya membuat tubuh lebih segar.

Baca Juga: Daftar Hari Libur Nasional Bulan Mei 2022, Ada Berapa Tanggal Merah?

Membantu Pencernaan

Madu memiliki manfaat antiinflamasi dan membantu pencernaan. Mengkonsumsi sesendok madu alami dan murni dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Beberapa orang mengalami kembung dan perubahan usus, untuk mengatasi hal tersebut madu murni dan alami dapat membantu menenangkan pencernaan dan memudahkan proses eliminasi.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Puasa dapat mempengaruhi kualitas tidur. Minum air madu sebelum tidur bermanfaat membantu kualitas tidur, perbaikan tubuh, dan pemulihan. Madu alami membantu otak melepaskan hormon tidur melatonin yang membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru