6 Penyebab Layar Laptop Hitam atau Blank beserta Cara Mengatasinya

Rabu, 10 Juli 2024 | 11:33 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Penyebab Layar Laptop Hitam atau Blank beserta Cara Mengatasinya

ILUSTRASI. Ilustrasi perangkat laptop


LAPTOP - JAKARTA. Cara mengatasi layar laptop hitam atau gelap. Layar laptop yang tiba-tiba menjadi hitam bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu dan memprihatinkan.

Kondisi ini sering kali membuat pengguna panik karena tidak bisa mengakses data atau melanjutkan pekerjaan.

Masalah layar hitam pada laptop dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah perangkat keras hingga gangguan pada perangkat lunak.

Pengguna perlu memahami penyebab dan solusi dari masalah ini sangat penting untuk mengembalikan fungsi normal laptop dan mencegah kerusakan lebih lanjut. 

Baca Juga: Ini 7 Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Berfungsi untuk Memotret

Cara mengatasi layar laptop hitam

Laptop black screen

Salah satu perangkat canggih memiliki risiko kerusakan termasuk masalah layar laptop yang tidak memunculkan grafis dari Windows. Masalah ini bisa disebabkan oleh sumber daya listrik atau baterai laptop yang sudah tidak dalam keadaan baik.

Dalam beberapa kasus, ini mungkin solusi sederhana, seperti me-restart laptop atau mengubah pengaturan layar.

Jika masalah ini tetap terjadi, disarankan untuk menghubungi pabrik atau profesional untuk bantuan.

Simak cara mengatasi kondisi Black Screen pada Laptop Windows, dilansir dari Surelock Techonology.

Baca Juga: Cara Merekam Layar Laptop Windows atau Screen Recorder bagi Pemula

1. Overheating

Masalah lain yang bisa menyebabkan layar menjadi hitam adalah overheating. Overheating dapat menyebabkan laptop mati saat terlalu panas, atau mungkin hanya mematikan layar dengan memotong daya ke GPU (unit pemrosesan grafis).

Laptop mungkin mengalami overheating karena penumpukan debu dan kotoran pada kipas, ventilasi panas, atau heat sink. Bersihkan laptop secara profesional untuk mengatasi masalah ini.

2. Booting

Meskipun layar hitam, dengarkan dengan seksama apakah laptop Anda mengeluarkan suara booting. Namun, ini hanya mungkin jika Anda memiliki komputer dengan hard drive tradisional, bukan model komputer yang lebih baru dengan SSD yang tidak mengeluarkan suara selama boot normal.

3. Sistem Operasi

Jika laptop Anda booting dengan baik, tetapi layar langsung menjadi hitam atau kosong setelah login, maka mungkin ada masalah dengan sistem operasinya. Tanda bahwa sistem operasi tidak memuat dengan benar atau mengalami kerusakan adalah layar akan kosong kecuali untuk kursor mouse.

Salah satu penyebabnya mungkin adalah file sistem yang rusak yang menghalangi sistem operasi untuk memuat.

Restart laptop Anda untuk melihat apakah masalah sementara ini dapat diatasi dengan reboot. Namun, jika masalah masih ada, maka hapus hard drive Anda atau instal ulang Windows.

4. Kartu Grafis

Masalah dengan kartu grafis juga dapat menyebabkan layar hitam. Hubungkan monitor atau jenis tampilan lain ke laptop. Jika tampilan eksternal berfungsi dengan baik, maka ada masalah dengan tampilan laptop.

Namun, jika monitor eksternal juga tidak berfungsi, maka kabelnya mungkin rusak, atau Anda perlu mengganti motherboard atau kartu grafis.

5. Masalah Kecerahan

Jika gambar layar hanya terlihat sebagian, periksa apakah kecerahan laptop diatur ke rendah atau berubah menjadi rendah karena pengaturan penghematan daya.

Anda dapat mencolokkan laptop Anda untuk pengisian daya agar memastikan laptop tidak dalam mode penghematan daya; jika tidak, coba tingkatkan kecerahan.

6. Masalah Perangkat Keras

Beberapa kegagalan perangkat keras yang dapat menyebabkan layar laptop Anda menjadi hitam adalah LCD rusak, Inverter daya LCD rusak, hingga kerusakan komponen lain.

Apabila kemungkinan ini terjadi, Anda bisa mengatasi layar laptop hitam atau gelap dengan mengganti komponen tersebut.

Demikian penjelasan terkait panduan untuk mengatasi layar laptop hitam atau gelap terkait kerusakan komponen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru