7 Benda Langit Ini Dapat Diamati Pada Siang Hari, Salah Satunya Sering Anda Lihat

Kamis, 30 Juni 2022 | 11:32 WIB   Penulis: Arif Budianto
7 Benda Langit Ini Dapat Diamati Pada Siang Hari, Salah Satunya Sering Anda Lihat

ILUSTRASI. 7 Benda Langit Ini Dapat Diamati Pada Siang Hari, Salah Satunya Sering Anda Lihat


KONTAN.CO.ID - 7 Benda langit ini dapat diamati pada siang hari. Mungkin beberapa orang tidak menyadarinya, salah satu benda langit tersebut kerap kali menandakan hari baru di mana orang mulai sibuk beraktivitas.

Benda langit atau yang juga dikenal sebagai objek astronomi adalah objek fisik atau struktur yang ada di alam semesta teramati. Mungkin beberapa orang sudah mengetahui beberapa contoh benda langit.

Daftar Isi

Seperti Planet, Bulan, Bintang, dan Matahari yang menjadi pusat Tata Surya.

Berbicara tentang benda langit, beberapa orang mungkin menanggap penampakannya identik dengan apa saja yang terlihat pada malam hari.

Misalnya, Bintang yang bersinar terang pada malam hari atau pemandangan Bulan yang terlihat cantik. Bukan itu saja, pada saat tertentu komet atau yang juga dikenal sebagai Bintang Jatuh juga kerap kali menghiasi pemandangan langit malam.

Terlepas dari semua itu, tahukah Anda bahwa beberapa benda langit juga dapat diamati atau terlihat pada siang hari?

Melansir dari EarthSky, ada beberapa benda langit yang dapat diamati pada siang hari. Simak daftarnya berikut ini.

PANTAI KUTA

1. Matahari

Jangan lupa, Matahari adalah salah satu benda langit yang juga merupakan pusat Tata Surya kita. Mungkin beberapa orang tidak menyadarinya, bahwa benda langit yang juga menandakan tibanya hari baru di mana orang-orang mulai sibuk dengan aktivitasnya masing-masing.

Sayangnya, tidak disarnkan untuk menatap matahari secara langsung, karena benda langit yang satu ini dapat merusak mata cahaya yang begitu silau.

Untuk mengamati Matahari pada siang hari, Anda memerlukan peralatan seperti teleskop yang dilengkapi dengan filter surya yang aman. Dengan alat tersebut Anda juga dapat melihat seperti apa bintik Matahari (bagian dari permukaan Matahari yang dipengaruhi aktivitas magnetis hebat.).

Inilah bagian Matahari yang sebenarnya dapat terlihat dari Bumi tanpa bantuan teleskop.

2. Bulan

Bulan juga salah satu benda langit yang dapat diamati atau terlihat pada siang hari. Menurut EarthySky, mungkin 75% orang tidak menyadari Bulan terlihat pada siang hari.

Hal tersebut karena banyak orang saat siang hari mungkin menghabiskan waktu mereka di dalam ruangan. Oleh karena itu, mereka tidak terlalu memperhatikan bagaimana kondisi langit.

3. Planet

Selain Matahari dan Bulan, Planet juga merupakan benda langit yang dapat Anda amati saat siang bolong. 

Tidak semua planet mungkin akan terlihat pada siang hari, namun EarthSky menjelaskan bahwa beberapa berikut ini akan terlihat:

  • Venus (terlihat seperti bulan kecil sabit).
  • Jupiter
  • Mars 

Untuk planet Jupiter dan Mars akan terlihat seperti titik putih yang bersinar di atas langit. Kendati demikian, perlu ketelitian untuk menemukan kedua planet tersebut di tengah teriknya siang hari.

Baca Juga: Mengenal Fenomena Purnama Rusa Super yang Terjadi Usai Bulan Baru Stroberi Mikro

4. Bintang

Bintang merupakan salah satu benda langit yang mudah ditemukan pada malam hari. Namun, apakah benda langit ini juga mudah diamati atau terlihat pada siang hari?

Bintang akan mudah diamati saat siang hari biasanya selama gerhana Matahari Total. 

Kendati demikian, beberapa pengamat juga melaporkan bahwa mereka melihat bintang terang, seperti Sirius pada siang hari dengan mata telanjang.

Butuh penglihatan yang luar biasa dan juga ketelitian, karena kondisi langit di siang hari yang juga luar biasa.

5. Komet

Komet adalah benda langit yang juga kerap kali disebut sebagai Bintang Berekor. Benda langit yang satu ini tersusun dari kumpulan debu dan gas. 

Ketika mendekati Matahari, bahan penyusun komet akan menguap dan membentuk kepala gas serta ekor.

Meskipun benda langit yang satu ini terlihat indah saat kemunculannya pada malam hari, komet juga dapat diamati pada siang hari. Menurut laporan EarthSky, komet bernama McNaught sempat terlihat di langit siang hari pada tahun 2007.

Penampakan komet pada siang hari lebih diamati karena orbitnya diprediksi sebelumnya dan orang tahu kemana harus mencarinya.

Baca Juga: Meteor, Asteroid, dan Komet, Mana yang Paling Besar? Yuk Cari Tahu

6. Meteor

Meteor juga salah satu benda langit yang sulit dirpediksi kemunculannya, terkadang melesat melintasi langit pada siang bolong.

Salah satu fenomena meteor yang cukup terkenal adalah Chelyabinsk yang terjadi pada tahun 2013. Meteor yang cukup terang pada siang hari itu menciptakan kilatan yang sangat terang dan gelombang kejut yang kuat.

Setidaknya meteor pada siang hari ini telah memecahkan jendela penghuni rumah di enam kota di wilayah Rusia. Bahkan meteor tersebut juga membuat orang-orang panik.

7. Supernova

Mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang Supernova. Benda langit ini adalah ledakan yang sangat energik dari suatu bintang besar dan masif yang berada di titik tertentu dalam siklus hidupnya.

Ledakan ini disebabkan oleh keruntuhan inti gravitasi di mana dapat memancarkan energi lebih banyak daripada nova (ledakan nuklir kataklismik yang disebabkan oleh akresi hidrogen di sebuah katai putih) dan kecerahannya dapat bertahan hingga beberapa bulan.

Menurut EarthSky, supernova kadang-kadang juga terlihat di langit saat siang hari. Perkiraan terjadinya supernova bervariasi, mereka berkisar dari sebanyak sekali setiap 20 tahin hingga sekali setiap 300 tahun.

Kabarnya, supernova terakhir yang cukup terang dilihat di langit siang hari dari Bumi adalah pada tahun 1572.

Secara keseluruhan, benda langit yang dapat dilihat atau diamati pada siang hari berada dalam kondisi tertentu. Mungkin jika Anda cukup teliti, salah satu dari 7 benda langit di atas dapat Anda temukan di langit siang hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru