7 Benda Langit Ini Dapat Diamati Pada Siang Hari, Salah Satunya Sering Anda Lihat

Kamis, 30 Juni 2022 | 11:32 WIB   Penulis: Arif Budianto
7 Benda Langit Ini Dapat Diamati Pada Siang Hari, Salah Satunya Sering Anda Lihat

ILUSTRASI. 7 Benda Langit Ini Dapat Diamati Pada Siang Hari, Salah Satunya Sering Anda Lihat


SPACE - 7 Benda langit ini dapat diamati pada siang hari. Mungkin beberapa orang tidak menyadarinya, salah satu benda langit tersebut kerap kali menandakan hari baru di mana orang mulai sibuk beraktivitas.

Benda langit atau yang juga dikenal sebagai objek astronomi adalah objek fisik atau struktur yang ada di alam semesta teramati. Mungkin beberapa orang sudah mengetahui beberapa contoh benda langit.

Seperti Planet, Bulan, Bintang, dan Matahari yang menjadi pusat Tata Surya.

Berbicara tentang benda langit, beberapa orang mungkin menanggap penampakannya identik dengan apa saja yang terlihat pada malam hari.

Misalnya, Bintang yang bersinar terang pada malam hari atau pemandangan Bulan yang terlihat cantik. Bukan itu saja, pada saat tertentu komet atau yang juga dikenal sebagai Bintang Jatuh juga kerap kali menghiasi pemandangan langit malam.

Terlepas dari semua itu, tahukah Anda bahwa beberapa benda langit juga dapat diamati atau terlihat pada siang hari?

Melansir dari EarthSky, ada beberapa benda langit yang dapat diamati pada siang hari. Simak daftarnya berikut ini.

PANTAI KUTA

1. Matahari

Jangan lupa, Matahari adalah salah satu benda langit yang juga merupakan pusat Tata Surya kita. Mungkin beberapa orang tidak menyadarinya, bahwa benda langit yang juga menandakan tibanya hari baru di mana orang-orang mulai sibuk dengan aktivitasnya masing-masing.

Sayangnya, tidak disarnkan untuk menatap matahari secara langsung, karena benda langit yang satu ini dapat merusak mata cahaya yang begitu silau.

Untuk mengamati Matahari pada siang hari, Anda memerlukan peralatan seperti teleskop yang dilengkapi dengan filter surya yang aman. Dengan alat tersebut Anda juga dapat melihat seperti apa bintik Matahari (bagian dari permukaan Matahari yang dipengaruhi aktivitas magnetis hebat.).

Inilah bagian Matahari yang sebenarnya dapat terlihat dari Bumi tanpa bantuan teleskop.

2. Bulan

Bulan juga salah satu benda langit yang dapat diamati atau terlihat pada siang hari. Menurut EarthySky, mungkin 75% orang tidak menyadari Bulan terlihat pada siang hari.

Hal tersebut karena banyak orang saat siang hari mungkin menghabiskan waktu mereka di dalam ruangan. Oleh karena itu, mereka tidak terlalu memperhatikan bagaimana kondisi langit.

3. Planet

Selain Matahari dan Bulan, Planet juga merupakan benda langit yang dapat Anda amati saat siang bolong. 

Tidak semua planet mungkin akan terlihat pada siang hari, namun EarthSky menjelaskan bahwa beberapa berikut ini akan terlihat:

  • Venus (terlihat seperti bulan kecil sabit).
  • Jupiter
  • Mars 

Untuk planet Jupiter dan Mars akan terlihat seperti titik putih yang bersinar di atas langit. Kendati demikian, perlu ketelitian untuk menemukan kedua planet tersebut di tengah teriknya siang hari.

Baca Juga: Mengenal Fenomena Purnama Rusa Super yang Terjadi Usai Bulan Baru Stroberi Mikro

Editor: Arif Budianto

Terbaru