7 Jurusan kuliah ini banyak dicari saat lowongan kerja, apa saja?

Selasa, 04 Agustus 2020 | 12:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Jurusan kuliah ini banyak dicari saat lowongan kerja, apa saja?

ILUSTRASI. Memilih jurusan kuliah yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan dan memiliki peluang yang luas.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jangan sembarangan memilih jurusan kuliah! Kenapa demikian? Karena tidak semua jurusan kuliah memiliki ketersediaan lapangan pekerjaan yang luas saat lulus kelak.

Salah memilih jurusan, lowongan kerja dan lapangan pekerjaan yang menanti cukup sulit Anda dapat. Beberapa jurusan kuliah memang didesain untuk bekerja dan dibutuhkan di banyak perusahaan

Tetapi, ada yang sebaliknya. Jika orientasi Anda adalah bekerja setelah lulus kuliah, sebaiknya memilih satu di antara tujuh jurusan kuliah berikut: 

  • Ilmu hukum

Sebagai negara hukum, Indonesia tentunya memiliki undang-undang yang perlu dipatuhi oleh masyarakat termasuk pelaku usaha. Semua perusahaan, baik yang berskala besar maupun kecil, memiliki hak dan kewajiban hukum yang harus dipahami.

Baca Juga: Lowongan kerja terbaru 2020 di Yamaha, untuk SMA, SMA, D3 dan S1

Karena itu, banyak lowongan kerja untuk lulusan ilmu hukum. Dengan ada lulusan ilmu hukum, harapannya perusahaan tersebut lebih aware dengan masalah perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Lulusan ilmu hukum akan memberikan arahan terkait dengan peraturan perundangan yang mengikat, mulai dari masalah perusahaan hingga karyawan. 

  • Marketing

Nyawa dari sebuah perusahaan terletak di divisi sales and marketing. Di divisi inilah perusahaan mencari dan mendapatkan uang.

Dengan ilmu yang sudah diberikan di bangku kuliah, lulusan marketing harapannya dapat meningkatkan jumlah pendapatan perusahaan. 

Banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk jurusan marketing. Tidak hanya peserta berpengalaman, fresh graduate jurusan kuliah ini juga banyak dicari.

Baca Juga: 5 Jurusan kuliah unik di dunia, dari The Beatles sampai budidaya ganja

  • Akuntansi

Jika marketing adalah “penghasil uang”, divisi keuangan dengan lulusan akuntansi di dalamnya adalah jajaran yang mengatur uang tersebut. Para lulusan akuntansi dibutuhkan untuk me-manage keuangan perusahaan, mulai dari uang masuk, pengeluaran kantor, hingga gaji karyawan. 

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru