CLOSE [X]

7 Manfaat Ikan Nila Untuk Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui, Apa Saja?

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:35 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Manfaat Ikan Nila Untuk Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui, Apa Saja?

ILUSTRASI. Ikan nila.


KONTAN.CO.ID - Ikan nila adalah salah satu jenis ikan tawar yang mempunyai rasa gurih dan cukup populer di Indonesia. Mengkonsumsi ikan nila juga disebut-sebut memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Pasalnya, ikan nila mengandung cukup banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh salah duanya protein dan lemak baik. Tak berhenti disitu, ikan nila juga mengandung vitamin B3, B12, fosfor, kalium, selenium dan berbagai nutrisi lainnya. 

Ikan nila termasuk salah satu jenis ikan yang paling sering dikonsumsi di Indonesia. Biasanya ikan nila dimasak dengan cara di goreng, bakar hingga pepes. Soal rasa, ikan nila juga tak perlu diragukan lagi, rasanya yang gurih membuat salah satu ikan air tawar ini banyak diminati. 

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Perut Kembung, Mau Coba?

Ikan yang sekilas tampak mirip dengan mujair ini bisa hidup di sungai, danau maupun budidaya sekalipun. Ikan nila juga termasuk ikan yang mudah berkembang sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan. 

Lantas apa saja manfaat ikan nila untuk kesehatan? 

Melansir dari Organic Facts, berikut beberapa manfaat ikan nila untuk kesehatan: 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat mengkonsumsi ikan nila yaitu dapat membantu menurunkan berat badan Anda loh. Tidak seperti banyak produk hewani lainnya, ikan seperti nila tinggi protein tetapi rendah kalori dan lemak. 

Hal tersebut tentu sangat bermanfaat untuk mengurangi asupan kalori harian Anda. Sekaligus sambil tetap memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Jadi ikan nila cocok untuk dikonsumsi jika Anda saat menjalankan program diet menurunkan berat badan. 

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ikan nila mengandung salah mineral yang menonjol yaitu fosfor. Mineral tersebut penting bagi kesehatan manusia karena berperan penting terhadap perkembangan dan pertumbuhan materi tulang. 

Selain itu, fosfor yang terkandung dalam ikan nila juga bermanfaat untuk menjaga pemeliharaan kuku dan gigi agar tetap kuat dan tahan lama. 

Baca Juga: Kenali 4 Makanan Berbahaya Untuk Kesehatan Hati yang Sebaiknya Dihindari

Menurunkan Risiko Kanker

Seperti banyak jenis ikan, nila memiliki kandungan selenium yang mungkin tinggi. Manfaat kesehatan selenium sangat mengesankan dan bersifat antioksidan. 

Dilansir dari Organic Facts, Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Dr. Holly L. Nicastro, Cancer Prevention Fellowship Program, Nutritional Science Research Group, National Cancer Institute, dalam Nutrients Journal, secara langsung mengaitkan asupan selenium dengan pengurangan risiko kanker prostat, serta berbagai penyakit jantung. 

Antioksidan dalam ikan nila seperti selenium terkenal karena kemampuannya yang potensial untuk mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh, sehingga kemungkinan menurunkan kemungkinan stres oksidatif pada semua sistem organ, dan mutasi sel sehat menjadi sel kanker. 

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ikan nila juga dikenal mengandung asam lemak baik yaitu omega-3. Kandungan tersebut bermanfaat dan sering dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam sistem kardiovaskular manusia. 

Asam lemak omega-3 dalam ikan nila juga dapat membantu mencegah aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Kalium yang ditemukan dalam ikan nila juga merupakan vasodilator dan mengurangi tekanan darah yang merupakan dorongan tambahan untuk kesehatan jantung. 

Baca Juga: Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Coba Lakukan 5 Cara Berikut

Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat mengkonsumsi ikan nila lainnya yaitu mampu meningkatkan kesehatan otak. Baik kalium dan asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan nila telah dikaitkan untuk meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan fungsi neurologis. 

Kalium meningkatkan oksigenasi ke otak dan sangat penting untuk keseimbangan cairan yang tepat di seluruh tubuh. Hal tersebut yang memfasilitasi respons saraf dan pengendapan nutrisi ke bagian tubuh yang tepat, termasuk otak. 

Mencegah Penuaan Dini

Selenium dalam ikan nila dikenal sebagai antioksidan sebenarnya dapat meremajakan atau merangsang vitamin E dan C. Keduanya bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan kulit Anda. 

Oleh karena itu, lebih dari 20% selenium harian yang diberikan ikan nila menjadikannya sumber makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda dengan menghentikan kerusakan akibat radikal bebas. Otomatis hal tersebut dapT mengurangi kerutan, kendur, bintik-bintik penuaan, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Baca Juga: Mampu Mencegah Batu Ginjal, Kenali 6 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Lainnya

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Fungsi Tiroid

Selenium dalam ikan nila juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Khusus dapat membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih, yang mempertahankan tubuh terhadap racun dan benda asing. 

Selain itu, selenium dalam ikan nila  memainkan peran penting dalam regulasi kelenjar tiroid yang mengontrol banyak fungsi hormonal kita, menurut Canadian Journal of Physiology and Pharmacology yang dilansir dari Organic Facts. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru