CLOSE [X]

7 Motor Listrik dengan Jarak Tempuh Terjauh lewat Sekali Mengisi Daya

Kamis, 23 November 2023 | 10:01 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
7 Motor Listrik dengan Jarak Tempuh Terjauh lewat Sekali Mengisi Daya

ILUSTRASI. 7 Motor Listrik dengan Jarak Tempuh Terjauh Sekali Mengisi Daya. KONTAN/Carolus Agus Waluyo


MOTOR LISTRIK - JAKARTA. Periksa daftar motor listrik dengan jarak tempuh terjauh sekali mengisi daya. Kini sudah banyak beredar molis buatan Indonesia bersama program subsidi dari pemerintah.

Motor listrik sama seperti mobil listrik yang memiliki baterai sebagai daya penggerak bersama dinamo. Sehingga, baterai memiliki daya yang bisa habis dalam jarak tempuh tertentu.

Setiap motor listrik memiliki catatan jarak tempuh dalam sekali pengisian daya. Ini merujuk pada sejauh mana motor dapat melaju setelah baterainya diisi daya sepenuhnya.

Biasanya, jarak tempuh ini diukur dalam satuan mil atau kilometer. Mengukur jarak tempuh motor listrik dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk kapasitas baterai, efisiensi motor listrik, kondisi cuaca, topografi jalur, dan gaya mengemudi.

Baca Juga: Gaya Abadi Sempurna (SLIS) Belum Menerima Orderan Konversi Motor Listrik

Motor listrik dengan jarak tempuh terjauh

SUBSIDI UNTUK MOTOR LISTRIK

Semakin besar kapasitas baterai, semakin jauh motor dapat pergi dengan satu pengisian daya. Perlu diingat bahwa produsen sering memberikan perkiraan jarak tempuh berdasarkan kondisi ideal.

Dalam penggunaan sehari-hari, jarak tempuh sebenarnya dapat berbeda tergantung pada faktor-faktor tersebut.

Oleh karena itu, ketika Anda mempertimbangkan motor listrik, penting untuk memahami spesifikasi teknis dan faktor-faktor yang dapat memengaruhi kinerjanya dalam kehidupan sehari-hari.

Simak rekomendasi motor listrik dengan jarak tempuh terjauh dirangkum oleh Kontan.co.id.

Baca Juga: 6 Motor Listrik Mirip Vespa Terbaik Mulai Rp 9 Jutaan Setelah Subsidi

1. NIU N GT

NIU N GT merupakan motor listrik ringan dengan harga mulai dari Rp70 jutaan. Motor ini memiliki daya tarik utama pada baterai Bosch sebesar 3.000 watt, dua baterai Lithium tipe 18650 dari Panasonic dengan tegangan 35 Ah.

Dengan kedua baterai ini, NIU N GT mampu menghasilkan torsi instan, akselerasi cepat, kecepatan maksimal hingga 70 km/jam, dan jarak tempuh hingga 100 km dalam satu kali pengisian.

Mode berkendara yang dapat disesuaikan, seperti Sport, Dynamic, dan E-Save, memberikan fleksibilitas tambahan, di mana mode E-Save memungkinkan perpanjangan jarak tempuh hingga 170 km.

2. Polytron Fox R

Motor listrik ini menawarkan fitur sewa baterai sehingga pengguna tidak perlu memikirkan biaya perawatan sama sekali. Polytron Fox R ditenagai dengan motor 3.000 watt dan baterai 3,7 kWh. 

Berkat kedua spesifikasi tersebut, motor ini bisa mencapai kecepatan 90 km/jam dengan jarak tempuh hingga 130 km.

Polytron Fox R menjadi solusi terbaik untuk pengguna yang tidak ingin pusing memikirkan biaya perawatan baterai motor listrik. 

Bagi yang tertarik, Polytron Fox R dibanderol Rp20,5 juta yang bisa dibeli di marketplace online wilayah Jakarta.

3. Alva Cervo

Motor ini dilengkapi dengan dua baterai yang dapat menempuh jarak hingga 125 km setelah satu kali pengisian daya. ALVA Cervo tidak hanya unggul dalam hal jarak tempuh, tetapi juga memiliki tenaga yang cukup besar, dengan torsi maksimal mencapai 53,5 Nm dan kecepatan tertinggi hingga 103 km/jam.

Sebagai pilihan bagi pengguna yang mencari motor listrik dengan kombinasi jarak tempuh dan tenaga yang tinggi, ALVA Cervo dapat menjadi opsi yang tepat dengan banderol Rp37,7 juta on the road (OTR) Jakarta.

4. Selis E-Max 

Selis E-Max Dual Lithium dibanderol mulai dari Rp28 juta untuk OTR Jakarta. Tenaga dari baterai Lithium berkapasitas 60V 25 Ah dan daya maksimal 35 watt, motor ini dapat menempuh jarak hingga 120 km dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.

Proses pengisian baterai hingga penuh hanya memerlukan waktu 5 jam, membuatnya menjadi pilihan populer untuk aktivitas sehari-hari maupun perjalanan jauh.

5. Viar Q1

Viar Q1 menjadi motor listrik yang dapat menyimpan dua baterai sekaligus di dalam bagasinya. Dengan baterai Lithium-Ion 60V 23 Ah dan penggerak 800 watt, Viar Q1 dapat menempuh jarak hingga 120 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam.

Waktu pengisian daya dari 0 sampai 100 persen hanya membutuhkan 5 jam. Harganya mulai dari Rp20 juta on the road (OTR) Jakarta.

6. Polytron T-Rex

Motor listrik terbaru dari Polytron, memiliki desain eksterior yang sporty mirip dengan motor N-Max. Ditenagai oleh motor 5.000 watt dan baterai 3,75 kWh, motor ini mampu menempuh jarak hingga 120 km dengan kecepatan maksimal 130 km/jam. 

Harga Polytron T-Rex tidak jauh dari pendahulunya Polytron Fox R mulai antara Rp20 hingga Rp30 jutaan wilayah Jakarta.

7. Yadea T9

Motor listrik Yadea T9 dilengkapi dengan motor 2.000 watt dan baterai Graphene 72V 38 Ah, memungkinkannya menempuh perjalanan hingga 100 km dalam satu kali pengisian daya penuh.

Meskipun memiliki kecepatan maksimum 60 km/jam, Yadea T9 cocok untuk pecinta motor yang senang touring atau berkendara jauh, dengan harga mulai dari Rp21 jutaan.

Namun, perlu diingat bahwa spesifikasi teknis dapat berubah seiring waktu, dan kemungkinan adanya perkembangan baru setelah pengetahuan terakhir saya.

Untuk mendapatkan informasi terbaru, kunjungi situs web produsen motor listrik atau sumber berita otomotif terkini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru