Edukasi

7 Pekerjaan yang cocok dilakoni introvert, jarang berinteraksi dengan banyak orang

Minggu, 18 Oktober 2020 | 13:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Pekerjaan yang cocok dilakoni introvert, jarang berinteraksi dengan banyak orang

KONTAN.CO.ID - Tidak sedikit orang beranggapan orang introvert akan susah mendapat pekerjaan. Kepribadian mereka yang tidak senang keramaian dan pemalu dianggap menjadi penghalang karir.  

Nyatanya, ada banyak profesi yang bisa dikerjakan baik introvert maupun ekstrovert. Selain minim interaksi dengan orang, pekerjaan tersebut cukup bergengsi. 

Sebelum melihat pilihan profesinya, apa sih sebenarnya introvert?

Mengutip dari Healthline, menurut psikolog Carl Jung, introvert adalah orang yang menghindari interaksi sosial yang berlebihan. 

Para introvert lebih senang bekerja secara individu. Mereka juga membutuhkan waktu untuk sendiri untuk mengembalikan energi. 

Seorang introvert bukan berarti mereka tidak suka bergaul. Mereka hanya lebih senang berteman dengan sedikit orang serta menyukai ketenangan.

Baca Juga: 6 Faktor sederhana ini bisa berdampak besar saat wawancara kerja, apa saja?

Jika Anda masuk dalam kategori introvert, beberapa pekerjaan ini cocok untuk Anda:

pekerjaan untuk introvert

  • Penulis

Bersumber dari Indeed.com, jika Anda seorang introvert, penulis cocok pilihan profesi Anda. Menulis tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Jadi Anda bisa nyaman saat bekerja tanpa takut harus berhubungan dengan banyak orang. 

pekerjaan untuk introvert

  • Peneliti

Menjadi peneliti juga pas untuk para introvert. Profesi ini membutuhkan ketelatenan yang tinggi dan ketekunan. Menjadi peneliti pas untuk Anda yang suka bekerja sendiri dan jauh dari keributan.

Baca Juga: Pencari kerja, ini hal-hal yang perlu Anda cantumkan saat membuat CV

pekerjaan untuk introvert

  • Pustakawan

Pekerjaan ini cocok untuk wanita yang introvert, terlebih para bookworm. Pustakawan bertanggungjawab mengorganisir buku yang ada di perpustakaan. Mereka juga membantu pengunjung untuk mendapatkan buku dan mengerjakan tugas administrasi lainnya.  

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru