7 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dengan Baik beserta Solusinya

Kamis, 09 November 2023 | 12:03 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
7 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dengan Baik beserta Solusinya

ILUSTRASI. 7 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dengan Baik beserta Solusinya


OTOMOTIF - JAKARTA. Simak penyebab mobil tidak bisa dinyalakan atau distarter dengan mudah. Masalah otomotif ini tentu perlu dipahami oleh setiap pemilik kendaraan roda emapt ini.

Pemilik mobil bisa saja menemui masalah atau gangguan yang dapat mempengaruhi kinerja atau fungsi kendaraan secara mendadak.

Mobil bisa mengalami mesin mogok, suara aneh dari mesin, atau kinerja mesin yang tidak stabil bisa menjadi masalah. Ini dapat disebabkan oleh masalah pada sistem bahan bakar, sistem pengapian, atau komponen mesin lainnya.

Selain itu, ada masalah Transmisi yang menyebabkan gangguan transmisi dapat menyebabkan perpindahan gigi yang tidak lancar, bunyi berisik, atau masalah lain dalam mengoperasikan kendaraan.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Ban Pecah di Jalan yang Perlu Diketahui Pemilik Kendaraan

Penyebab mobil tidak bisa distarter

Masalah kelistrikan termasuk lampu yang tidak berfungsi, aki yang lemah, atau sistem pengisian yang bermasalah.

Bahkan, masalah paling umum yang dihadapi oleh pemilik adalah mobil yang tidak bisa dinyalakan atau distarter. Kondisi ini bisa merupakan pada bagian kelistrikan termasuk aki dan sambungan yang berkaitan.

Artinya, Anda perlu juga memahami beberapa masalah dan penyebab mobil tidak bisa distarter yang dapat terjadi saat perawatan terlewatkan.

Cek daftar penyebab mobil tidak bisa distarter dengan baik beserta solusinya dirangkum dari laman Repair Smith.

Baca Juga: 5 Komponen Mobil yang Berpotensi Bermasalah Saat Cuaca Panas dan Tips Pencegahannya

1. Aki Mati

Aki mobil Anda adalah komponen listrik penting yang menyimpan daya yang diperlukan untuk menjalankan kendaraan Anda. Jika aki mobil Anda mati (yang tidak memiliki daya), aki tidak dapat menyala.

Bagaimana cara mengetahui apakah baterai Anda mati atau baterai habis? Selama mesin dinyalakan, Anda tidak akan mendengar mesin berputar, selain tidak melihat panel instrumen atau lampu dasbor menyala.

Mobil nantinya cenderung sulit dinyalakan bahkan lampu depan berkedip atau tidak berfungsi.

Solusi dari masalah ini

Selalu simpan kabel jumper di bagasi mobil Anda untuk keadaan darurat seperti ini. Anda memerlukan aki mobil lain yang bagus atau jump starter portabel untuk mengisi daya aki yang lemah.

Jika Anda tidak tahu cara menstarter mobil dengan kabel jumper, lihatlah manual pemilik atau bisa mendapatkan bantuan mekanik. 

Seorang mekanik akan menggunakan penguji baterai atau multimeter untuk menganalisis keadaan aki mobil. Saat pembacaan tegangan baterai rendah, Anda mungkin memiliki baterai yang lemah dan perlu mengisi atau mengganti baterai.

2. Koneksi Aki Buruk

Mobil tidak dapat hidup jika sambungan kabel pada aki mobilnya robek atau kendor.  Kemungkinan penyebab lainnya adalah terminal baterai terkorosi yang menghalangi aliran listrik.

Pertama, matikan mobil Anda.  Kemudian coba putar dan putar sambungan kabel pada terminal aki. Jika bergerak, terminal baterai kendor dan Anda harus mengencangkannya.

Solusi dari masalah ini

Namun, saat terminal baterai tidak longgar namun terkorosi atau kotor, Anda harus membersihkan terminal baterai sebelum memasang kembali atau menggantinya.

Hal ini dikarenakan perawatan memerlukan pengerjaan dengan peralatan logam di sekitar aki mobil. Carilah seorang profesional untuk menangani korosi aki atau situasi sambungan yang buruk demi keselamatan.

3. Alternator Buruk

Komponen kelistrikan lainnya yaitu alternator merupakan generator yang bertugas menyalurkan listrik ke mobil dan mengisi ulang aki.

Jika mobil Anda tidak dapat dihidupkan, tetapi aki Anda baik-baik saja, kemungkinan besar alternator sudah rusak. Ini adalah masalah sistem pengisian daya lainnya, seperti baterai mati, yang tidak memungkinkan Anda menghidupkan mobil.

Komponen listrik seperti lampu kubah atau lampu interior lainnya mungkin mulai terang dan kemudian menjadi redup. Selain itu, simbol baterai atau lampu periksa mesin mungkin menyala.

Solusi dari masalah ini

Mintalah pemeriksaan mobil oleh ahlinya karena jika alternator dalam kondisi buruk, Anda memerlukan penggantinya. Hal ini bahkan dapat merusak aki mobil, jadi sebaiknya segera periksakan.

4. Sekring kelistrikan rusak

Sekering mobil merupakan komponen yang melindungi kabel listrik di mobil Anda dan kendaraan apa pun. Dan jika itu salah atau fusible link rusak, mobil Anda tidak dapat dihidupkan.

Sekring yang rusak atau putus dapat menghalangi aliran listrik ke relai starter, yang diperlukan untuk menyalakan percikan api, penyalaan, dan tenaga untuk menggerakkan kendaraan Anda. 

Solusi dari masalah ini

Mulailah dengan memeriksa manual pemilik mobil Anda untuk menemukan kotak sekring. Kemudian periksa sekring yang putus atau kerusakan kabel yang terlihat.

Jika Anda menemukannya, hubungi mekanik untuk datang dan memperbaikinya di mana pun Anda berada!

5. Relai Pompa Bahan Bakar Buruk

Komponen lain yang perlu Anda periksa saat mobil Anda tidak mau hidup adalah relai pompa bahan bakar. Ini adalah komponen kelistrikan, yang banyak ditemukan di kotak sekring.

Bagian ini meneruskan daya yang dibutuhkan untuk menarik jumlah bahan bakar yang tepat melalui pompa bahan bakar ke ruang bakar. 

Berikut beberapa sinyal yang menunjukkan relay pompa bahan bakar rusak mulai dari mesin mati atau tidak mau hidup, periksa lampu mesin menyala, tidak ada suara bising dari pompa bahan bakar

Solusi masalah ini

Kotak sekering biasanya memiliki lebih dari satu relai, untuk fungsi berbeda. Cara termudah untuk mengonfirmasi relai yang buruk adalah dengan menukarnya dan memeriksa apakah masalahnya teratasi.

Namun ingat, cara ini mungkin tidak berguna jika semua relay rusak. Dalam hal ini, sistem bahan bakar Anda harus diperiksa oleh mekanik bersertifikat.

6. Masalah pada Saklar Pengapian

Saklar pengapian memindahkan tenaga dari aki mobil ke komponen mobil. Jika ada masalah dengan sakelar, tidak ada daya di motor starter atau sistem pengapian, dan mobil Anda tidak dapat dihidupkan.

Meskipun masalah pada kunci kontak bukanlah penyebab paling umum mobil Anda mogok, namun masalah tersebut tetap bisa menjadi buruk. 

Kendaraan Anda akan memberikan tanda seperti mesin yang tidak bisa hidup, kunci mobil tidak mau berputar, hingga tidak terdengar suara bising dari bagian motor starter.

Solusi masalah ini

Cara termudah untuk mengatasi kunci kontak yang rusak adalah dengan membawa gantungan kunci yang lebih ringan dengan kunci yang lebih sedikit.

Gantungan kunci yang berat dapat membuat kunci kontak menjadi tegang saat memasukkan kunci karena letaknya tepat di belakang silinder kunci kontak.

Saat Anda yakin saklar pengapian buruk dan bukan baterai yang buruk atau alternator yang rusak, hubungi bengkel mobil untuk memperbaikinya secepatnya.

7. Baterai Fob Kunci Mati

Saat engkol mesin mati saat menekan Start pada mobil dengan sistem push-start, kemungkinan key fob Anda bermasalah atau mati.

Selain itu, ada kemungkinan baterai key fob mati, tombol tidak akan menerima sinyal apa pun dari key fob, dan mobil Anda tidak dapat dihidupkan.

Solusi masalah ini

Ganti saja aki fob kunci mobil yang mati. Anda dapat menggunakan koin atau obeng kecil untuk membuka penutup baterai. Baterainya akan terlihat seperti koin atau kancing perak.

Cari nomor pada baterai dan belilah yang cocok untuk penggantinya. Jika masih tidak berhasil, hubungi mekanik untuk membantu.

Untuk menangani masalah mobil dengan cepat dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut dan menjaga keamanan serta kinerja kendaraan. Untuk masalah yang lebih kompleks, seringkali diperlukan bantuan dari mekanik atau teknisi otomotif berpengalaman.

Demikian solusi beserta penyebab mobil sulit dinyalakan yang tentu bisa bervariasi tergantung dari seberapa besar masalah mesin tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru