7 Tanaman Hias Baik untuk Kesehatan dan Mempercantik Rumah

Jumat, 04 Maret 2022 | 16:07 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Tanaman Hias Baik untuk Kesehatan dan Mempercantik Rumah

ILUSTRASI. Tanaman hias snake plant.7 Tanaman Hias Baik untuk Kesehatan dan Mempercantik Rumah


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Beberapa jenis tanaman hias selain untuk mempercantik rumah, ternyata mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan juga loh. Selain itu, tanaman hias juga membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan membuat pikiran lebih tenang. 

Selayaknya tanaman pada umumnya, tanaman hias juga mengeluarkan oksigen yang membuat udara di dalam rumah bisa menjadi lebih sejak dan segar. 

Kegiatan menyiram tanaman hias di dalam rumah juga bisa dijadikan kegiatan untuk mengisi waktu luang terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. 

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui Orang

Melansir dari Everyday Health, ada beberapa tanaman hias yang baik untuk kesehatan dan cocok untuk mempercantik rumah. 

1. Peace Lily

Tanaman hias pertama yang baik untuk kesehatan adalah Peace Lily. Sebuah studi yang diterbitkan pada Desember 2021 di Applied Sciences menunjukkan bahwa bunga lili perdamaian membantu menghilangkan CO2 dan formaldehida VOC dari udara. 

Selain itu, Tanaman hias ini mengandung kalsium oksalat, zat yang dapat mengiritasi lambung dan saluran pernapasan jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

2. Pothos Emas

Tanaman hias lain yang bermanfaat bagi kesehatan adalag golden pothos (Epipremnum aureum). Pothos emas juga terlihat cantik karena merambat dan daunnya yang berbentuk hati serta tanaman hias ini juga dikenal sebagai pembersih udara alami. 

3. Lily Paris 

Lily Paris juga termasuk tanaman hias yang bermanfaat bagi kesehatan. Pasalnya, tanaman hias dikenal menyerupai laba-laba ini mampu menyerap racun berbahaya di udara. 

4. Snake Plant

Tanaman hias selanjutnya adalah Snake Plant. Tidak usah takut dengan namanya, justru tanaman yang berbentuk panjang ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Hal tersebut dikarenakan tanaman hias ini termasuk di antara tanaman dalam studi NASA yang menghilangkan racun dari udara.

Baca Juga: 7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Mood, Tidak Hanya Cokelat Loh

5. Daun Ivi

Daun Ivi juga merupakan tanaman hias yang dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Pasalnya, ada penelitian yang menunjakan bahwa tanaman hias ini dapat menurunkan kadar karbon dioksida di udara dalam ruangan. 

Selain itu, Daun Ivi juga merupakan tanaman hias yang mampu mengurangi jamur.

6. Dracaena Warneckii

Anda juga bisa menanam Dracaena Warneckii di rumah sebagai tanaman hias. Tanaman dengan daun panjang meruncing ini sangat cocok untuk mempercantik rumah. 

Selain itu tanaman hias ini juga mampu menghilangkan racun di udara loh. 

7. Karet Merah

Tanaman hias yang bisa dijadikan opsi untuk ditanam di rumah sekaligus mempercantik ruangan adalah Karet Merah. Tanaman hias ini dipercaya dapat menghilangkan uap dan membuat udara menjadi lebih segar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru