7 Wisata Kuliner di Makassar yang Enak, Catat Makanan Ini!

Jumat, 19 Juli 2024 | 13:43 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Wisata Kuliner di Makassar yang Enak, Catat Makanan Ini!

ILUSTRASI. Jenis soto di Indonesia: Coto Makassar


KULINER - Ada beragam wisata kuliner di Makassar yang enak dan tidak boleh terlewatkan. Selain kuliner, banyak juga destinasi wisata di Makassar yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Makassar, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, adalah surga bagi para pecinta kuliner. Dengan berbagai hidangan khas yang menggugah selera, Makassar menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. 

Melansir dari laman Pemerintah Kota Makassar, ada banyak kuliner Makassar yang menarik perhatian wisatawan seperti pisang epe, coto Makassar dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Top Up ShopeePay Lewat ATM BCA, M Banking BCA dan KlikBCA

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Makassar yang khas dan wajib dicoba:

1. Coto Makassar

Coto Makassar adalah hidangan sup daging sapi yang kaya akan rempah. Daging sapi yang dimasak hingga empuk disajikan dengan kuah kental berbumbu kacang dan rempah khas Makassar. Biasanya, Coto Makassar dinikmati dengan buras, sejenis ketupat berbentuk lonjong yang dimasak dengan santan.

2. Konro Bakar

Konro Bakar adalah iga sapi yang dibakar dengan bumbu khas Makassar. Dagingnya yang empuk dan bumbunya yang meresap sempurna membuat hidangan ini sangat menggugah selera. Konro Bakar biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang kaya rasa.

Baca Juga: Cara Beli Tiket Proliga 2024 Melalui PLN Mobile, Catat Ya!

3. Pallubasa

Pallubasa adalah hidangan sup daging sapi yang mirip dengan Coto Makassar, namun memiliki perbedaan dalam penggunaan kelapa parut yang disangrai dan dicampur dalam kuahnya. Hidangan ini memiliki rasa yang lebih gurih dan sedikit manis.

4. Pisang Epe

Pisang Epe adalah camilan khas Makassar yang terbuat dari pisang kepok yang dipipihkan dan dipanggang, lalu disajikan dengan sirup gula merah. Beberapa variasi modern juga menambahkan topping seperti keju, cokelat, atau durian.

Baca Juga: Jadwal Piala Presiden 2024 Lengkap Mulai 19 Juli 2024 Mendatang

5. Jalangkote

Jalangkote adalah kue pastel khas Makassar yang berisi campuran kentang, wortel, dan bihun yang dibumbui dengan rempah khas. Rasanya gurih dan sedikit pedas, sering disajikan dengan saus cuka pedas.

6. Sop Saudara

Sop Saudara adalah sup daging sapi yang disajikan dengan bihun, potongan kentang goreng, dan telur rebus. Hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih dan segar.

7. Mie Titi

Mie Titi adalah hidangan mie kering yang digoreng hingga renyah dan disiram dengan kuah kental berisi daging ayam, udang, dan sayuran. Hidangan ini memiliki tekstur yang unik dan cita rasa yang lezat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru