Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani
KONTAN.CO.ID - Seiring perkembangan teknologi, kian banyak masyarakat yang membeli kebutuhan sehari-hari melalui layanan pesan antar. Grab mencatat sekitar 73% konsumen di Indonesia rutin menggunakan layanan pesan antar untuk membeli keperluan pribadi atau membeli makanan untuk dikonsumsi.
Melinda Savitri, Country Marketing & Communications Head, Grab Indonesia menilai hal ini membuktikan sebanyaka 212 juta rakyat sudah melek teknologi dan bergantung serta mengandalkan platform digital untuk memenuhi kebutuhannya. Menariknya, semakin banyak konsumen yang menggunakan layanan pesan antar salah satunya melalui Grab, jumlah pengguna yang melakukan layanan pesan antar makanan tidak hanya di kota-kota besar daerah Jawa saja.
Dalam laporan Grab “25 Hits of 2025" yang merangkum tren dan wawasan tentang perilaku konsumen dalam layanan pesan-antar sepanjang tahun di Indonesia, Jayapura mencatat pertumbuhan pengguna GrabFood tertinggi hingga 53%, disusul Mamuju (32%), Palangkaraya (26%), dan Yogyakarta (26%). Sementara itu, kota-kota lain seperti Pangkal Pinang, Pematang Siantar, Prabumulih, dan Aceh juga mencatat pertumbuhan di atas 15%.
“Dari laporan ini, peran UMKM bisa menggerakkan perekonomian di Indonesia. Dan ini mencerminkan akses layanan pesan antar semakin luas,” ucap Melinda dalam paparan Grab “25 Hits of 2025” ke awak media di Jakarta Selatan, Kamis (19/12).
Baca Juga: Link Baca Boruto Two Blue Vortex Chapter 29 Sub Indo Resmi Sudah Tersedia
Dari jutaan transaksi yang terjadi, dianalisa dan diolah dari data internal Grab dari periode Januari hingga Oktober 2025, udang keju menjadi menu paling banyak dipesan sepanjang tahun, diikuti mi Jawa, ayam geprek, ayam goreng, dan nasi goreng. "Sepanjang tahun ini 7 juta udang keju terjual. Angka ini setara dengan berat 1 ikan paus biru," ungkap Melinda.
Menu terlaris ini menunjukkan adanya preferensi terhadap comfort food yang akrab dalam keseharian dan mudah dijangkau konsumen melalui layanan pesan-antar. Sementara untuk kategori minuman, kopi susu menempati posisi teratas, disusul es teh, jus jeruk, americano, dan coffee latte, mencerminkan pemesanan yang didominasi tren minuman berbasis kopi dan minuman segar.
Sementara itu di GrabMart, produk kesehatan & perawatan diri menjadi kategori paling laris sepanjang 2025, mencerminkan meningkatnya kesadaran konsumen terhadap self-care. Minat terhadap produk bundling hemat juga semakin kuat, dengan kebab crispy chicken + iced Thai tea large sebagai bundling terlaris tahun ini.
Dari sisi perilaku belanja, solo shopper (pembeli individu) tercatat sebagai segmen paling aktif dalam penggunaan layanan pesan-antar di GrabMart, dengan pertumbuhan GMV bulanan 4,65%, lebih tinggi dibandingkan rumah tangga (4%). Temuan ini menunjukkan kebutuhan akan solusi belanja yang cepat, praktis, fleksibel, dan efisien.
Tidak hanya aktif melakukan pemesanan makanan, tren berbagi juga semakin terlihat di ekosistem Grab. Pada Fitur Traktir Driver, pengguna semakin aktif mengirimkan atau memesankan makanan ekstra untuk Mitra Pengemudi sebagai bentuk apresiasi. Nasi ayam bakar menjadi menu yang paling sering dipilih, diikuti nasi + soto dan nasi rendang, mencerminkan preferensi pada makanan praktis dan mengenyangkan.
Melinda meyakini peran pengemudi dalam melakukan layanan pesan-antar di Grab tahun mendukung perluasan akses layanan dan pembaruan fitur Grab yang semakin beragam dan relevan. Hal ini juga terlihat dengan adanya pertumbuhan transaksi, kebiasaan baru masyarakat dalam menikmati makanan, serta dampak langsung yang dirasakan UMKM kuliner di berbagai daerah.
Hingga akhir tahun 2025, layanan Grab telah hadir dan tersedia di lebih dari 300 kota dan kabupaten, membuka peluang pendapatan baru dan pemerataan akses pasar bagi pelaku usaha. Tren peningkatan konsumsi tidak hanya menunjukkan preferensi konsumen yang berubah, tetapi juga membuka peluang bagi jutaan UMKM untuk tumbuh dan berinovasi.
Baca Juga: Daftar Lengkap Kode Redeem Azure Latch Roblox Desember 2025 dan Panduan Cara Klaim
Selanjutnya: Hasil BWF World Tour Finals 2025, 2 Wakil Indonesia Ini Menang meski Gagal ke 4 Besar
Menarik Dibaca: Hasil BWF World Tour Finals 2025, 2 Wakil Indonesia Ini Menang meski Gagal ke 4 Besar
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
